Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Be Yourself”, Nasihat Nate Ruess untuk Musisi Pemula

Kompas.com - 03/08/2015, 15:29 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -– Berkarier di dunia musik selama sekitar 15 tahun membuat vokalis dan penulis lagu Nathaniel Joseph Ruess atau labih dikenal dengan Nate Ruess (33) memiliki banyak pengalaman soal bermusik. Ruess mengatakan, kunci sukses hanya satu, yaitu "be yourself" atau jadilah dirimu sendiri ketika memulai karier bermusik.

“Untuk sebuah nasihat, saya hanya bisa berkata be yourself. Itu adalah hal yang paling pertama yang harus dilakukan ketika kamu ingin berkarier di dunia musik. Itu seperti apa yang dulu saya lakukan," kata Ruess ketika berbincang dengan Kompas.com secara eksklusif di kantor label rekaman Warner Music Indonesia, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Sabtu (1/8/2015).

Ruess bukan tanpa alasan menyarankan seperti demikian. Dengan bekal menjadi diri sendiri, Ruess pernah memenangkan penghargaan bergengsi Grammy Award pada 2013 lalu bersama bandnya, Fun, untuk kategori Best New Artist dan Song of The Year berkat lagu "We Are Young".

Menjadi diri sendiri di dunia musik, lanjut Ruess, berarti harus mencari jati diri soal musik yang ingin dimainkan dari dalam hati.

“Kamu harus jadi dirimu sendiri, terdengar seperti dirimu sendiri, kamu harus menulis lagu yang keluar dari dalam hatimu dan bukan terdengar seperti orang lain," tuturnya.

Baginya, itu adalah sebuah proses yang menantang. "Semua itu menjadi sebuah proses untuk menemukan diri kita sendiri. Bagi saya, menemukan diri sendiri dalam bermusik telah menjadi sebuah proses yang menantang dan menghasilkan sesuatu bagi saya," ujarnya.

"Musik itu adalah hidup saya," imbuh Ruess.

Selain itu, vokalis yang berduet dengan Pink dalam lagu "Just Give Me A Reason" itu juga mengungkapkan bahwa semua proses tersebut harus dimulai dengan penjiwaan, kejujuran dalam bermusik, dan tentu saja faktor keberuntungan.

"Selama sekitar 15 tahun berkarya, saya ingin berkata bahwa saya beruntung. I’m so lucky. Saya telah menuis beberapa lagu yang menjadi hits dan fenomenal, tetapi semua butuh momentum yang pas untuk mengenalkannya. Banyak para penulis lagu hebat di luar sana. Saya tidak pernah berpikir bahwa saya lebih baik dari mereka," katanya.

"Hanya saja, saya berada di tempat dan waktu yang tepat untuk mengeluarkan lagu-lagu yang menjadi hits serta fenomenal tersebut. itulah sebuah keberuntungan. Saya hanya mencintai musik. Ketika saya menulis lagu dan didengarkan banyak orang, itu sebuah hal yang hebat. Lakukan itu dengan passion yang tinggi serta kejujuran pada diri sendiri," lanjut dia.

Berkat kegigihannya dalam menjadi diri sendiri tersebut, Ruess juga telah merilis album solo perdana bertajuk Grand Romantic yang berisikan 12 lagu. Single "Nothing Without Love" menjadi andalan bagi Ruess di album itu.

Album Grand Romantic juga telah dirilis Ruess pada 16 Juni 2015 lalu di AS, sedangkan di Indonesia ia merilisnya pada Jumat, 31 Juli 2015 dengan bekerja sama dengan label rekaman Warner Music Indonesia.

Untuk melihat penampilan Nate Ruess menyanyikan lagu-lagu dari album Grand Romantic, jangan lewatkan program bincang-bincang musik  Warung Warner (WarWar) bersama Nate Ruess yang akan disiarkan melalui jaringan internet (streaming) di Kompas.com,Rabu (5/8/2015), mulai pukul 16.30 WIB.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com