Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nate Ruess: "Grand Romantic" Tercipta Berkat Cinta

Kompas.com - 03/08/2015, 18:11 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis dan pencipta lagu band Fun, Nathaniel Joseph Ruess atau labih dikenal dengan Nate Ruess (33), mengungkapkan bahwa album solo perdananya yang bertajuk Grand Romantic, tercipta berkat cinta. Ruess mengatakan, ketika proses pembuatan album itu, ia tengah jatuh cinta dan menuangkan perasaannya ke dalam lagu-lagu yang diciptanya.

"Saat pembuatan album ini, saya sedang jatuh cinta dan saya mulai menulis lagu berdasarkan hal itu. Ini mengenai bagaimana Anda berada dalam sebuah perasaan jatuh cinta," kata Ruess ketika berbincang dengan Kompas.com secara eksklusif di kantor label rekaman Warner Music Indonesia, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Sabtu (1/8/2015).

"Jadi, album ini tercipta berkat cinta,” imbuhnya.

Sebelumnya, vokalis yang pernah berduet dengan Pink dalam lagu "Just Give Me A Reason" itu mengatakan bahwa proses pembuatan albumnya tersebut diawali dengan tema Grand Romantic.

"Sebelum semua itu terjadi, saya menemukan judul terlebih dahulu sebelum menulis semuanya. Lalu, suatu hari saya mendapat judul Grand Romantic dan saya pikir bahwa judul ini sungguh bagus dan bisa menginspirasi pembuatan beberapa lagu, lalu saya jatuh cinta kepada seseorang dan hal itu erat kaitannya dengan judul album. Saya pikir ini bisa menjadi sebuah album tersendiri," tuturnya.

Meski dilandasi perasaan jatuh cinta, dalam album tersebut Ruess tidak hanya mencipta lagu-lagu mengenai bahagia tenggelam dalam perasaan jatuh cinta. Ia juga menulis beberapa lirik lagu beraroma kesedihan akibat patah hati karena cinta.

"Saya sadar bahwa Anda tidak bisa menyebutnya Grand Romantic kecuali jika kamu juga pernah mengalami seberapa patah hati kah kamu dalam perjuangan cinta itu. Jadi, lagu-lagu yang saya tulis juga ada yang bernuansa sedih dan tidak hanya soal jatuh cinta karena hidup bukanlah soal jatuh cinta saja," ujar Ruess.

Grand Romantic menjadi album solo perdana Ruess yang berisi 12 lagu. Single "Nothing Without Love" menjadi single  yang diandalkan Ruess dalam album itu.

Album Grand Romantic telah dirilis Ruess pada 16 Juni 2015 lalu di AS, sedangkan di Indonesia ia merilisnya di Jakarta pada Jumat (31/7/2015).

Untuk melihat penampilan Nate Ruess menyanykan lagu-lagu album Grand Romantic, jangan lewatkan program bincang-bincang musik Warung Warner (WarWar) bersama Nate Ruess yang akan disiarkan melalui jaringan internet (streaming) di Kompas.com, Rabu (5/8/2015), mulai pukul 16.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com