Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James F Sundah: "Lilin-Lilin Kecil" Didaur Ulang 60 Kali

Kompas.com - 12/08/2015, 01:04 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Komposer kenamaan James F Sundah (59) mengatakan bahwa lagu "Lilin-Lilin Kecil" yang diciptanya untuk Lomba Cipta Lagu Remaja pada 1977, hingga  kini sudah di daur ulang sebanyak 60 kali oleh para musisi Tanah Air.

"Kalau 'Lilin-Lilin Kecil' kiranya sekitar 60 kali daur ulang," ujar James dalam jumpa pers peluncuran album The Great Composers di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Selasa (11/8/2015).

"Lilin-Lilin Kecil" yang dipopulerkan oleh mendiang almarhum vokalis Chrisye, menurut James, sering didaur ulang lagu karena keunikan cita rasa lagu tersebut. "Banyak yang meminta izin, mereka lalu mengarap kembali dengan aransemen berbeda, saya dengar jadi bagus," ujarnya.

Dalam The Great Composers, tak hanya "Lilin-Lilin Kecil" saja yang didaur ulang. Tercatat ada enam lagu yang dicipta pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 1 Desember 1955 tersebut, yaitu "September Ceria" dinyanyikan oleh Marully Tampubolon; "Ironi" oleh grup musik Yovie & Nuno; "Yang Terbaik" oleh Nania; "Cintamu" oleh Fatin Shidqia Lubis; "Astaga" oleh Moonkey Boots; dan "Lilin-Lilin Kecil" oleh Virzha "Idol".

Selain karya-karya abadi James, komposer kenamaan Oddie Adam juga ikut menyumbang enam lagu andalannya. Satu di antaranya ada "Antara Anyer dan Jakarta" yang dinyanyikan oleh duet Mytha Lestari dan Karina Salim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com