Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

J Mono "Neurotic": Keragaman Menjadi Tantangan

Kompas.com - 09/09/2015, 22:59 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis band Neurotic, Jonathan Mono atau J Mono "Neurotic" menilai keragaman musik di Indonesia saat ini bisa menjadi pemicu bagi kebangkitan industri musik Tanah Air.

"Industri musik di Indonesia bisa dibilang saat ini beragam dengan banyaknya band atau musisi dari berbagai genre yang mencoba mengenalkan musik dengan cara mereka sendiri. Masing-masing punya cara mereka sendiri untuk mengenalkan caranya jadi belum ada blueprint atau pakem tertentu," kata Mono dalam wawancara di fX Mall, Sudirman, Rabu (9/9/2015).

Dengan keragaman jenis musik tersebut, lanjut Mono, artis-artis musik Indonesia akan menjadi lebih kreatif dalam berkarya. "Kalau konteksnya industri musik, mungkin industri musik di Indonesia bisa lebih hidup dengan keragaman ini. Artinya setiap musisi dituntut untuk berkarya dan berpikir kreatif. Nah, nanti imbasnya bisa menghidupkan apa yang disebut industri ini," tuturnya.

"Esensinya ya keragaman itu," imbuh Mono.

Kendati demikian, kemajuan hanya akan tercipta jika para artis musik terus berkarya dan bekerja keras demi mengenalkan dan memasarkan karya-karyanya. "Semua enggak bisa ngejamin sih kalau tiap musisi bakal berhasil. Tapi, dengan keragaman itu justru menjadi tantangan bagi para musisi sendiri untuk bisa berkarya dan bagaimana cara mereka mengenalkan karya mereka," ujar Mono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com