Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balinale 2015 Akan Hadirkan 105 Film dari 29 Negara

Kompas.com - 15/09/2015, 19:18 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Balinale Film Festival 2015 akan digelar pada 24-30 September 2015 di Kuta, Bali. Pada tahun kesembilan penyelenggaraannya itu, Balinale mengambil tema Face of Diversity serta akan menampilkan 105 film dari 29 negara, termasuk Indonesia.

Dari 105 film tersebut, 26 film merupakan karya para pembuat film dari Indonesia.

"Tahun ini merupakan penyelenggaraan kesembilan Balinale. Akan ada 105 film yang akan ikut dan 26 di antaranya adalah film dari Indonesia," kata Debora Gabinneti, Direktur Balinale Film Festival, dalam jumpa pers di Cinemaxx, fX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).

Menurut Debora, terjadi peningkatan jumlah film Indonesia yang ikut Balinale dari tahun lalu ke tahun ini.

"Dua puluh enam film itu sudah cukup banyak. Tahun lalu hanya ada enam film asal Indinesia yang ikut Balinale. Di antara 26 itu, banyak pembuat film independen yang ikut. Jadi, saya merasa senang dan bangga karena itu," ujarnya.

Sementara itu, dari 79 film luar negeri ada antara lain film-film Gueros (Meksiko), Ode To My Father (Korea Selatan), Chemo (Polandia), Who Am I (Jerman), Warsaw Uprisinh (Polandia), Frackman (Australia), dan Dope (AS).

Untuk penyelenggaraan tahun ini, Balinale juga akan menghadirkan Open Air Cinema, di mana para penonton bisa menikmati film-film di area terbuka. Selain itu, akan ada beberapa workshop. Salah satunya adalah Balinale Film Industry Forum, yang mewadahi para pembuat film dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman.

"Saya berharap acaranya lancar dan banyak yang berpartisipasi untuk ikut terlibat dan nonton di Balinale 2015," ucap Debora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com