Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentara Pentas Musik: Latin Fever with Rio Moreno

Kompas.com - 17/09/2015, 11:45 WIB

Pianis yang fasih memainkan komposisi musik latin jazz Rio Moreno akan tampil kembali di Bentara Pentas Musik: Latin Fever with Rio Moreno pada Kamis (17/9/2015) pukul 19.30 WIB di Bentara Budaya Jakarta. 

Sebelumnya di tahun 2011 dan 2013 ia berkesempatan tampil dengan mengusung tema yang berbeda.

Bagi Rio, tahun 2009 merupakan tahun yang penting karena di tahun itulah ia membentuk Trio Latin Jazz bersama Demas Narawangsa (drummer) dan Zoltan Renaldi (bassis).

Mereka kemudian diakui oleh para musisi bahwa kelompok ini merupakan trio latin jazz terbaik di Indonesia. Bersama kedua musisi, Rio mengkonsep musik dengan matang sehingga cha cha, funk, salsa, samba bayau, dan samba batucada sangat enak dilihat maupun didengar.

Pengalaman bermusik Rio Moreno tidak diragukan lagi. Bermula dari panggung komunitas jazz di beberapa tempat seperti komunitas Jajan Jazz, Margocity Jazz, dan lain-lain, ia telah merambah ke panggung nasional seperti JakJazz Festival dan JavaJazz Festival maupun internasional seperti Asean Jazz Festival.

Dalam bermusik Rio terinspirasi oleh musisi idolanya, yaitu Michel Camilo dan Arturo Sandoval, yang membuat permainan piano montuno-nya sangat unik dan berkarakter. Bahkan karena itu, Rio yang juga dosen musik di Universitas Pelita Harapan ini dijuluki Michel Camilo Indonesia.

Menurutnya musik latin jazz merupakan musik yang paling mudah diterima dan dicerna oleh masyarakat Indonesia terutama musik berirama ritmik yang dinamis seperti salsa.

Tahun 2011, Rio membentuk grup Latin Combo bersama Wandi (gitaris), Iwan Wiradz (perkusi), dan Caecilia (vokalis) untuk mengobati kerinduannya pada musik latin tradisional.

Tahun 2012, ia meluncurkan album solo perdana yang berjudul "El Montuno", berisikan delapan lagu orisinil yang diaransemen oleh Rio sendiri.

Album baru, formasi baru bersama Bekti Antony Sudiro (bassis) dan Handy Salim (drum), berharap menjadi tonggak sejarah dalam khasanah dan perkembangan musik latin jazz di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com