Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkebun Bikin Fadly "PADI" Semakin Disayang Istri

Kompas.com - 18/09/2015, 08:12 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis grup band PADI, Andi Fadly Arifuddin atau Fadly "PADI", mengatakan bahwa dengan berkebun dirinya semakin disayang oleh sang istri, Deasy Aulia Arifuddin.

"Makin disayang istri," ujarnya lalu tertawa saat berbincang dengan Kompas.com di CGV Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Fadly mengatakan, berkebun dapat pula membuatnya paham akan siklus sebuah kehidupan. "Melihat tanaman tumbuh sampai saya bibitin lagi itu luar biasa. Saya seperti melihat siklus hidup. Filosfinya itu belajar melihat proses itu," katanya.

Fadly mulai berkebun sejak lima tahun lalu saat PADI vakum di industri musik Tanah Air. Dia memilih metode aquaponik untuk bercocok tanam. Teknik tersebut dipelajarinya dengan membaca artikel dan buku.

Sebagai permulaan Fadly mencoba bercocok tanam di pekarangan rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setelah itu, ia memindahkannya ke lahan yang lebih luas di Pondok Cabe dengan luas 120 meter persegi. Menurut Fadly, berkebun adalah sebuah mimpinya selain bermusik.

"Karena berkebun mimpi yang tertunda saya selain musik. Itu bibit yang membibitkan," katanya.

Tak banyak yang ditanam Fadli. Ia hanya menanam beberapa jenis sayuran dan buah. Ia pun tak menjualnya, melainkan dikonsumsi secara pribadi. "Hasilnya dikonsumsi sendiri."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com