Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bondan Prakoso Kecantol Jalur Musik Indie

Kompas.com - 23/09/2015, 19:15 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Punya pengalaman pahit dengan label rekaman membuat artis musik Bondan Prakoso (31) memilih hijrah ke industri musik indie atau independen.

"Sejak solo aku masuk jalur indie. Pengalaman kerja dengan label banyak hal yang miss (terlewat), kabur dan tertutup. Pengalaman pahitnya, enggak etis diomongin. Pokoknya yang berkaitan dengan hak cipta," kata mantan pemain bas Bondan feat 2 Black ini saat menghadiri Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2015 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (22/9/2015) malam.

Bondan mengatakan, sejak beralih ke industri indie, dirinya merasa lebih bebas berkarya. Ia menulis dan memproduseri lagu-lagunya sendiri, hingga menjualnya sendiri dengan konsep sesuai keinginannya.

"Kayaknya udah enggak ada alasan lagi untuk tidak ber-indie. Jadi membuat kami jalan sendiri. Jadi diri sendiri. Saya keluarin single-single lewat YouTube," tuturnya.

"Karena industri musik sekarang enggak maju. Musisinya maju tapi industri musiknya sekarat," tambah Bondan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com