Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Warna Jadi Judul Lagu Baru Efek Rumah Kaca

Kompas.com - 05/10/2015, 19:52 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band Efek Rumah Kaca (ERK) sedang sibuk dengan penggarapan album ketiga mereka. Menurut sang vokalis, Cholil Mahmud, judul album ketiga itu adalah Sinestesia dan semua judul lagu dalam album itu adalah jenis warna.

"Jadi album ketiga nanti judulnya Sinestesia. Sinestesia itu situasi di mana lo merasakan sesuatu ketika lo mendengarkan sesuatu. Atau, gini, misalnya kalau kita dengerin lagu ini, tuh auranya putih, gitu. Nah, itu yang namanya sinestesia. Nantinya ada enam lagu dan judul-judulnya warna semua," papar Cholil dalam wawancara ketika ia ambil bagian dalam RRREC Fest in The Valley 2015, yng diselenggarakan di Tanakita Camping Ground, Sukabumi, Jawa Barat, pada 25-27 September lalu.

Menurut Cholil, judul Sinestesia itu datang dari sang pemain bas, Adrian Yunan Faisal, yang selama ini tetap berkontribusi dalam pembuatan album ketiga ERK, meski sempat harus absen dari sejumlah pertunjukan ERK karena mengalami gangguan penglihatan.

"Jadi, yang ngasih nama album tuh bassist kami, Adrian, bagaimana warna-warna itu tergambar oleh dia. Adrian kan sudah sekitar empat tahun kondisi penglihatannya terganggu ya. Jadi, dia merasa melihat warna-warna yang dijadikan judul lagu itu ketika mendengarkan lagu itu," ujarnya.

Pengerjaan album tersebut, menurut Cholil pula, berjalan dengan proses yang berbeda dari penggarapan dua album sebelumnya.

"Proses rekamannya juga beda. Jadi, kami enggak latihan dulu di studio band untuk bikin lagunya, langsung rekam saja di studio rekaman. Jadi, Adrian ngisi part basnya, Akbar ngisi drumnya. Di tengah jalan kadang dirasa kurang enak, terus ganti. Jadi, belum punya form lagunya sebelum masuk ke studio. Kalau di album-album sebelumnya kan kami latihan dulu, bikin lagu, baru direkam," jelasnya.

Sampai saat ini ERK telah merilis dua single, yang berjudul "Biru" (Pasar Bisa Diciptakan, Cipta Bisa Dipasarkan) dan "Putih". Kedua lagu tersebut nantinya akan masuk ke dalam album Sinestesia, yang rencananya akan dirilis pada 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com