Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arkarna: Taklukkan Pembajakan Jadi Tantangan Global

Kompas.com - 23/11/2015, 21:55 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembajakan memang sudah menjadi masalah besar dalam industri musik global. Hal itu pun diakui oleh band asal Inggris, Arkarna. Salah satu personelnya, Ollie Jacobs (vokal, keyboard) mengatakan, menaklukkan pembajakan secara sudah menjadi tantangan bagi setiap negara.

"Pembajakan bukan lagi hal asing. Pembajakan sudah banyak terjadi dan menjadi fenoma global. Kami tentu mendukung hal ini. Yang menjadi tantangan berbagai musisi di berbagai negara," kata Ollie dalam wawancara usai acara penutupan 22 situs musik ilegal di Gedung Kementrian Kominfo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Untuk itulah, penyuluhan dan pendidikan tentang unduh ilegal perlu dilakukan. Baik oleh pemerintah maupun oleh musisi itu sendiri.

"Bagaimana kami bisa terus berkarya dan orang-orang bisa tetap setia memilih cara yang legal mendengarkan musik kita. Menciptakan saluran-saluran streaming," kata Ollie lagi.

Pendapat yang sama juga diutarakan Matt Hart (gitar). Kata dia, musisi harus bisa mengimbau para penggemarnya untuk membeli album fisik orisinal atau mengunduh di situs legal demi keberlangsungan hidup muisisi itu sendiri.

"Kalau beli album asli atau men-download album asli kami akan lebih senang karena akan memberikan banyak efek kepada kami karena kan itu bentuk simbiosis mutualisme. Kami memberikan musik, mereka membeli. Sesimpel itu tapi besar dampaknya bagi kami untuk terus menciptakan musik di masa selanjutnya," kata Matt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com