Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andy "/rif" Kampanye Peduli HIV/AIDS Lewat Musik

Kompas.com - 02/12/2015, 14:54 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Andy "/rif" gembira dapat terlibat dalam konser amal #LoveMantra yang mengampanyekan peduli HIV/AIDS. Dengan begitu, ia dan rekan segrupnya dapat mengingatkan orang untuk lebih berhati-hati terhadap virus HIV.

"Kami senang ikut ambil bagian di sini. Ya sebagai musisi yang bisa kami lakukan adalah mengingatkan masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dan peduli terhadap AIDS," kata Andy dalam wawancara di sela konser #LoveMantra, di Hard Rock Cafe, Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015) malam.

Menurut lelaki bernama lengkap Restu Triandy itu, musik bisa menjadi sarana efektif menyampaikan pesan positif.

"Setiap band pasti punya fans. Ketika fans mereka mendengar apa yang idola mereka nyanyikan, itu akan nempel di kepala mereka. Jadi, kami harus pintar nulis lagu. Itu yang bisa kami lakukan. Berkampanye untuk hal seperti ini lewat lagu karena musik bisa jadi media yang efektif untuk mengampanyekan hal seperti ini," tutur Andy.

Andy mengatakan bahwa /rif juga memiliki lagu berjudul "HIV" dalam album Salami (1997) yang dicipta untuk mengingatkan akan bahaya HIV/AIDS.

"Dari album kedua /rif kami sudah menulis satu lagu yang berjudul 'HIV' yang bercerita tentang penderitaan seseorang yang terkena virus HIV. Jadi, ini sebagai pengingat agar virus ini jangan sampai mejalar lebih jauh karena sudah banyak korban yang terkena. Itu mengingatkan juga bahwa jangan jauhi orang yang kena, tapi jauhi virusnya dan penyakitnya," ujarnya berpesan.

"Orang yang kena ya kita rangkul layaknya manusia biasa, jangan dijauhi," imbuh Andy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com