Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Membuat Dian Sastro Semakin Pintar

Kompas.com - 09/12/2015, 11:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Menempuh pendidikan tinggi hingga jenjang strata dua atau S2, cukup memberikan banyak ilmu bagi artis peran Dian Sastrowardoyo (33). Namun, ada satu hal yang disebut Dian dapat membuat otaknya semakin terasah sebagai seorang perempuan, ibu, dan istri. Apakah itu?

"Kami ibu-ibu ini (Dian bersama tiga sahabatnya pendiri katering 3 Skinny Minnies), jadi makin pintar karena bisnis online," kata Dian dalam wawancara usai peluncuran buku "5W1H Jurus-jurus Memulai Bisnis Online" di The Hook, Jakarta Selatan, Selasa (8/12/2015).

Secara sadar maupun tidak, Dian dan tiga sahabatnya yang juga ibu rumah tangga dituntut untuk selalu belajar dari kesalahan bisnis.

Dian mengaku harus memiliki analisa yang lebih luas mengenai pertumbuhan ekonomi, keadaan politik, dan hal lainnya yang bisa memengaruhi usaha kateringnya.

"Bagaimana belajar lihat omzet bulanan. Apa yang bisa dilakukan untuk naikkan omzet. Itu kan proses belajar yang terus menerus, bagaimana eksperimen secara continue. Kalau lakukan ini apa dampaknya, penjualan naik atau turun. Ada kondisi apa nih secara makro atau politik atau dollar naik," tuturnya.

Seperti sekarang di mana kondisi ekonomi Indonesia yang sedang sulit dengan nilai tukar rupiah yang melemah. Usaha kateringnya juga ikut terpengaruh.

"Apalagi bisnis saya banyak pakai bahan baku impor jadi terpengaruh dollar. Harga juga, berani enggak kita naikin. Rapat lagi, berembuk berempat, analisa pasar lagi, strateginya gimana. Pantang menyerahnya itu lho. Coba lagi, coba lagi," kata Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com