Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironi Komedi dalam "Hibana"

Kompas.com - 15/05/2016, 19:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Panggung komedi adalah ladang untuk menabur lawakan dan menuai tawa. Namun, perjalanan untuk menghadirkan tawa itu sungguh tak mudah. Ada kalanya begitu menguras emosi dan air mata, seperti hidup penuh drama yang dilakoni para pelakunya.

Kisah para komedian yang berjuang mewujudkan mimpi mereka menjadi komedian ternama disajikan dalam "Hibana", yang dalam bahasa Indonesia berarti Percikan Api.

"Hibana" adalah serial produksi Yoshimoto Kogyo, perusahaan hiburan terbesar di Jepang, yang akan ditayangkan mulai Juni 2016 melalui layanan streaming online, Netflix, di 190 negara.

"Hibana" telah diputar untuk pertama kali di ajang 8th Okinawa International Movie Festival di Okinawa, Jepang, Kamis (21/4/2016).

"Hibana" diangkat dari novel pemenang Penghargaan Akutagawa ke-153 yang merupakan penghargaan tertinggi dalam sastra Jepang.

Hibana adalah novel karangan Naoki Matayoshi, seorang entertainer anggota grup komedi Peace.

Novel Hibana telah terjual lebih dari 2,51 juta eksemplar, menjadi rekor penjualan novel tertinggi di Jepang.

Dengan penjualan yang demikian besar, novel Hibana sempat memicu fenomena sosial di Jepang sehingga kemudian Hibana diangkat dalam sebuah serial berjudul sama, dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama Jepang.

Mereka adalah Hideaki Murata, Kazuki Namioka, Kentho Hayashi, Masao Yoshii, dan Mugi Kadowaki.

Bintang utama dalam serial ini adalah Kento Hayashi (25), yang merupakan Japan Academy Award kategori New Comer of The Year, beradu akting dengan Kazuki yang bermain sangat apik dalam serial ini.

Sejumlah sutradara juga terlibat dalam pembuatan serial ini.

Mereka adalah Ryuichi Hiroki, Yasutaka Mori, Kazuya Shiraishi, Shuichi Okita, dan Shinji Kuma yang menyajikan Hibana dalam 10 episode.

"Manzai"
Serial "Hibana" diawali dari perjalanan tokoh Tokunaga yang diperankan oleh Kento Hayashi, seorang komedian tak populer yang melakoni profesinya sebagai seorang komedian manzai.

Manzai adalah komedi khas Jepang yang di sini tak jauh berbeda dengan stand up comedy.

Manzai umumnya dilakukan oleh dua komedian yang saat tampil di atas panggung saling melemparkan gurauan atau lawakan untuk ditanggapi satu sama lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com