Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dwiki Dharmawan Ajak Para Artis Musik Ikut AMI Awards 2016

Kompas.com - 15/06/2016, 12:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketua Umum Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards, Dwiki Dharmawan, mengajak para artis musik untuk segera mendaftarkan karya mereka untuk mengikuti AMI Awards 2016 atau ke-19.

"Sebagai salah satu ajang apresiasi paling konsiten di industri musik Indonesia, AMI Awards tentunya membuka diri dengan beragam genre musik. Jadi, pendaftaran sudah dibuka, jangan lagi dilewatkan," ujar Dwiki di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Karya yang bisa didaftarkan ke panitia penyelenggara AMI Awards 2016 untuk dinilai adalah karya yang diproduksi dan sudah diedarkan sepanjang rentang waktu 1 Juli 2015 sampai 30 Juni 2016.

Dwiki, yang baru saja terpilih sebagai ketua umum, menjelaskan bahwa AMI Awards merupakan rumah bagi para artis musik Tanah Air.

"Tanpa dukungan dari pelaku musik Indonesia, baik musisi, performer, pencipta lagu, produser, serta pendukung lainnya, tentunya AMI Awards tidak akan bisa bertahan hingga 19 tahun lamanya. Untuk itu, mari kita terus dukung AMI Awards untuk tetap menjadi ajang anugerah paling bergengsi di negeri ini," tuturnya.

Salah satu Board of Director (BoD) AMI Awards, Seno M Hardjo, mendukung ajakan Dwiki.

Ia menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun terakhir sambutan yang diberikan kepada AMI Awards semakin positif.

Seno optimistis tahun ini jumlah peserta yang memasukkan karya ke pihak AMI Awards bisa lebih banyak.

Tahun lalu, terdata ada kira-kira 600 single dan 200 album. Jumlah karya tersebut dikelompokkan ke dalam 48-52 kategori.

"Kategorisasi beragam, mulai dari pop, rock, jazz, R&B, dance, dangdut, anak-anak, keroncong, hingga lagu daerah masuk ke dalamnya," terang Seno.

Seno berharap para artis musik mengirimkan file single mereka melalui email adnan.hadiansyah@yahoo.com.

Sementara itu, karya berbentuk album dikirim langsung ke kantor AMI Awards di Menara MNC Tower Lantai 7, Jakarta.

Lebih lanjut, Seno menjelaskan bahwa karya yang sudah masuk ke panitia pengelenggara akan disaring lagi melalui sidang kategorisasi.

Sidang itu nantinya melibatkan dari artis musik legendaris, artis musik trend setter, pengamat musik, wartawan musik, akademisi, hingga pelaku bisnis industri rekaman.

"Sidang kategorisasi kami gelar pada pekan ketiga bulan Juli 2016," terangnya lagi.

Sambungnya, setelah dimasukkan ke dalam kamar-kamar kategori, karya-karya itu akan didistribusi untuk dipilih oleh para Anggota Biasa, kemudian oleh para Anggota Swara yang tersebar di seluruh Indonesia.

Diharapkan, pada Agustus 2016, panitia penyelenggara sudah bisa mengumumkan nominasi AMI Awards ke-19.

Pergelaran AMI Awards 2016 direncanakanakan dislenggarakan pada 28 September dengan penayangan secara live oleh RCTI. (Indriani/Unggul Tri Ratomo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com