Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nicholas Saputra Bintangi Film Dokumenter tentang Perlindungan Gajah

Kompas.com - 19/06/2016, 19:43 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nicholas Saputra terlibat dalam produksi film dokumenter tentang perlindungan terhadap gajah yang berada di kawasan ekosistem Leuser.

Film dokumenter itu merupakan produksi dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia.

"Kami delegasi Uni Eropa untuk Indonesia ingin menyoroti pentingnya perlindungan hutan dan gajah. Bersama Nicholas Saputra, kami ingin melindungi mamalia besar ini dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend, di Institut Francais Indonesia (IFI), Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (19/6/2016).

Film dokumenter berjudul Save Our Forest Giants yang dibintangi oleh Nicholas tersebut bercerita tentang para gajah dan pawangnya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser (TMGL).

Dikisahkan banyak gajah muda yang mati akibat terserang penyakit EEHV atau Virus Herpes Gajah Endoteliotropik.

Nicholas mengatakan, dia ingin memberikan konstribusi terhadap perlindungan gajah melalui film dokumenter tersebut. Menurut dia, penyakit herpes telah cukup mengkhawatirkan dan membunuh para gajah muda.

"(Herpes) telah banyak membunuh gajah-gajah. Kita tidak tahu pasti berapa banyak anak gajah yang mati," ucapnya.

Dalam acara tersebut, hadir pula Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tachrir Fathoni dan Wahdi Azmi perwakilan Unit Tanggap Konservasi (CRU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com