Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni dan Budaya Masih Lesu, Titiek Puspa Menangis dalam Hati

Kompas.com - 23/06/2016, 06:34 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Enam puluh tahun berkarya di dunia industri musik Indonesia, artis musik Titiek Puspa (78) sudah melewati beberapa masa. Namun ia merasa pemerintah belum memberi dukungan yang signifikan pada industri musik.

"Saya jadi seniman sejak dari lahirku, saya merasa belum ada yang signifikan gitu. Kayak kota Jakarta aja, masa enggak punya music hall. Belum ada gedung seni budaya yang gimana gitu yo," ujarnya saat ditemui di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2016).

Hal itu pun membuat pelantun "Marilah Kemari" itu merasa sedih.

"Itu buat saya sedih, di dunia seni budaya ini kok begini ya. Padahal bangsa jadi besar kalau diangkat budayanya. Di hati kecil saya menangis ya karena itu," paparnya.

Padahal kemampuan musisi dan pelaku seni Indonesia sudah semakin maju. Sayangnya hal itu tak dibarengi dengan support pemerintah yang memadai.

"Zaman dulu lagi, enggak ngerti apa-apa. Tahunya cuman gimana caranya besok bisa makan. Sekarang semua sudah ada, para expert sudah buanyak," jelasnya.

Ia berpendapat dukungan pemerintah bisa memajukan industri musik dan seni pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com