Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film tentang Wiji Thukul Ikut Kompetisi di Swiss

Kompas.com - 14/07/2016, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Istirahatlah Kata-Kata, yang berkisah tentang Wiji Thukul, penyair yang hilang, akan diputar untuk kali pertama dalam Locarno International Film Festival 2016.

Festival film tersebut akan diadakan di Locarno, Swiss, pada 3-13 Agustus 2016.

Film itu bercerita mengenai kisah hidup Wiji selama masa pelarian pada 1996 setelah peristiwa kerusuhan 27 Juli 1996.

Istirahatlah Kata-Kata merupakan film panjang kedua karya sutradara asal Yogyakarta, Yosep Anggi Noen.

"Membaca puisi-puisi Wiji Thukul adalah membaca catatan harian tentang rumah sederhana, nasi, roti yang tak terbeli, dan cerita-cerita tetangga," terang Yosep melalui siaran pers tertulis pada Kamis (14/7/2016).

"Wiji menunjukkan bahwa puisi mampu disusun dari keseharian, bukan saja bunga-bunga kata. Wiji menyajikannya dalam puisi yang lugas sekaligus lugu sehingga sangat efektif mencatat jaman dan mengoreksi kekuasaan pada masa itu," sambungnya.

Istirahatlah Kata-Kata, yang memiliki judul internasional Solo, Solitude, ikut berkompetisi dalam bagian Concorso Cineasti del presente.

Para pesertanya adalah para pembuat film dari berbagai belahan dunia yang terpilih berkat film pertama atau film kedua mereka.

Film panjang pertama Yosep, Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya, untuk kali pertama diputar dalm ajang yang sama pada 2012.

"Film ini didedikasikan untuk penonton Indonesia. Terutama generasi muda. Segera kami akan membawa film ini pulang dan mengusahakannya tayang di bioskop Indonesia," tulis sang Produser, Yulia Evina Bhara.

Istirahatlah Kata-Kata diproduksi bersama oleh Yayasan Muara, KawanKawan Film, Partisipasi Indonesia, dan LimaEnam Films.

Film itu melibatkan Gunawan Maryanto, Marissa Anita, Melanie Subono, Eduwart Boang, Arswendy Nasution, dan Davi Yunan sebagai para pemain. (Aubrey Kandelila Fanani/Fitri Supratiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com