Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rony Dozer Saat "Nyambi" sebagai Sopir Taksi

Kompas.com - 23/09/2016, 09:00 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis sinetron era 1990-an, Rony Dozer, berbagi cerita tentang pekerjaan paruh waktu yang ia lakoni selama Ramadhan 2016 lalu. Kata dia, bekerja sebagai sopir taksi online cukup menyenangkan.

"Saya bilang itu kan hanya part time saja. Job saya tetap di sinetron dan MC. Bukan full time sebagai driver," kata Rony saat dijumpai di Studio 2 ANTV, Kuningan, Jakarta Selatan, (22/9/2016).

Rony tidak merasa dipandang sebelah mata saat ia duduk di balik kemudi. Pria bertubuh tambun itu justru semangat untuk mencari penumpang yang membutuhkan jasanya.

Buktinya, Rony mampu mengantar hingga 10 penumpang dalam satu hari.

"Lumayan kan. Saya bisa sampai sembilan sampai 10 kali trip. Yang penting kan halal," kata dia.

Rony mengaku punya alasan untuk menggeluti profesi ini. Bintang sinetron Tuyul & Mbak Yul Reborn itu memilih untuk mengoperasikan mobilnya untuk kegiatan yang produktif daripada hanya memarkirnya di garasi.

Berbagai macam profesi menjadi pelanggannya. Rata-rata mereka kaget ketika mengetahui Rony menjadi pengemudi taksi yang dipesan melalui aplikasi online.

"Mereka hampir 80 persen kenal saya. Ya sudah, akhirnya ngobrol-ngobrol sepanjang jalan. Sampai kadang-kadang sudah mau sampai masih ngajak ngobrol, minta selfie bareng," kata dia.

"Tapi saya senang. Itu tantangan buat saya, tantangan melayani orang," lanjutnya.

Namun, kadang Rony merasa risih dengan pekerjaan yang biasa ia lakukan selama tiga hari dalam seminggu tersebut. Penyebabnya adalah pemberitaan yang menyebutkan bahwa dia telah beralih profesi dan tidak laku sebagai artis.

"Blow up beritanya terlalu heboh, saya enggak mengerti. Saya ngomong apa diberitainnya apa. Keluarga, istri kasihan," katanya.

Sejak saat itu, Rony mulai berpikir untuk melepas pekerjaan paruh waktunya tersebut. Ia akhirnya memutuskan berhenti sebagai sopir taksi online setelah Ramadhan berakhir.

Rony kembali ke rutinitas semula sebagai pekerja industri hiburan.

"Sekarang sudah enggak. Sudah dua bulan lalu. Jalani yang sekarang," kata Rony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com