Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Komo Akan Punya Penampilan Baru

Kompas.com - 03/10/2016, 10:20 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Si Komo, karakter kartun yang populer di era 90-an, tampil dengan wajah baru lebih sesuai dengan masa kini.

Hal ini diprakarsai oleh Minuk Seto dan penulis Marchella FP. Minuk merupakan putri pencipta karakter Si Komo, Seto Mulyadi.

"Kami develop ulang karakter Si Komo. Kami cuma memperbarui karakter Si Komo dan teman-temannya," ujar Marchella saat dijumpai di Indonesia Comic Con, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

"Sebenarnya lebih ke visual. Kami perbarui style-nya ke zaman sekarang," sambung lulusan Universitas Bina Nusantara Jakarta tersebut.

Menurut Marchella, ide tersebut lahir setelah ia merilis buku berjudul Generasi 90-an pada 2013 lalu.

Dalam buku tersebut, ia menampilkan sosok Si Komo yang kemudian dilirik oleh Minuk.

"Aku di buku itu (Generasi 90-an) mengabarkan cerita Si Komo selain Pak Raden dan Si Unyil. Lalu dikabarin untuk kerja sama dan poinnya ingin mengenalkan ikon itu kepada anak zaman sekarang. Generasi 90-an kan banyak sudah jadi orangtua," ujar Marchella.

Bukan hanya Si Komo, teman-temanya seperti Belu (Bebek Lucu), Dompu (Domba Putih), Piko (Sapi Kokoh), dan Ulil (Ulat Kecil) juga tampil dengan wajah baru.

Karakter baru mereka digarap oleh ilustrator dan desainer karakter Sesotya Jodie.

Selain wajah baru, cerita Si Komo dan teman-temannya akan dibuat dalam format digital yang saat ini dalam proses produksi. Rencana itu akan dihadirkan melalui situs video YouTube.

"Senang sih ya. Ibu-ibu muda kan lebih haus akan kontel lokal untuk diajarkan kepada anak-ananya. Kami ingin mengangkat nasionalisme anak dengan brand lokal," ujar Minuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com