Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukman Sardi: Nominasi FFI Itu-itu Saja

Kompas.com - 17/10/2016, 18:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Festival Film Indonesia (FFI) Lukman Sardi menjelaskan alasan mengapa dalam satu nominasi FFI 2016, ada sineas yang mendapatkan dua atau tiga nominasi.

Contohnya, artis peran Reza Rahadian masuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik untuk film My Stupid Boss dan Rudy Habibie.

"Tidak bisa dimungkiri juga, kita harus akui bahwa Reza aktingnya bagus. Let's say di My Stupid Boss dan Rudy Habibie, dia memberikan sesuatu yg beda. Aktor lain pun yang masuk sebagai nominasi juga hebat," katanya dalam wawancara di GIA Restaurant, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Namun, ada salah satu alasan yang tak kalah penting. Menurut Lukman, regenerasi aktor dan aktris Tanah Air yang lamban membuat para juri tak memiliki pilihan beragam untuk artis peran berkualitas di dunia perfilman Indonesia.

"Enggak bisa dimungkiri saat ini regenerasi aktor kita agak terhambat. Jadi kenapa munculnya Reza lagi," ucapnya.

"Jadi bukan salah jurinya ada yang dapat tiga nominasi karena memang orangnya itu-itu aja. Mungkin sekarang publik kesannya nominasinya dia lagi, dia lagi. Ya karena memang cuma itu orangnya, mau apa lagi. Enggak mungkin dong juri-juri itu memilih kalau bukan menurut mereka yang terbaik," ujar Lukman lagi.

Menurut Lukman, isu ini seharusnya menjadi konsenterasi pelaku industri film untuk mempercepat regenerasi aktor baru serta bagaimana memotivasi para produser agar tak melulu main "aman" dengan menggunakan aktor yang sudah terkenal.

"Jadi harus ada sinergi antara semuanya. Produser mau mencari orang baru yang potensial. Terus juga bagaimana aktor baru berusaha meningkatkan bukan cuma kualitasnya, tapi juga keseluruhan sehingga produser mau pakai," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com