Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MALIQ & D'Essential Pernah Terinspirasi Soneta

Kompas.com - 20/10/2016, 16:29 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis band MALIQ & D'Essentials, Angga Puradiredja, mengungkap bahwa ada lagu mereka yang terinsipirasi dari kelompok musik dangdut legendaris Soneta Group.

"Kami punya satu lagu di album kelima, judulnya 'Drama Romantika'. Itu satu-satunya lagu Maliq yang nuansanya dangdut. Influence-nya dari Soneta," ucap Angga usai jumpa pers Synchronize Fest 2016 di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

"Jadi pas ketemu Bang Rhoma Irama, wah enggak boleh lolos nih, kita harus foto bareng sama dia. Hehehe," imbuh Angga.

Angga menuturkan ide memasukkan unsur dangdut ke dalam album mereka muncul tiba-tiba, tanpa ada rencana.

"Ketika ide yang keluar dangdut, kami pikir 'oh harus ke mana ya arah influence-nya', ternyata kami lihat Soneta," ujarnya.

Sejak itu, Angga bersama personel MALIQ & D'Essential yang tadinya kurang memahami dangdut, merasa lebih menghargai aliran musik tersebut.

"Kami mempelajari dangdut dari Soneta. Yang tadinya kami anggepnya 'wah dangdut apa'. Tapi sebetulnya itu sebuah karya seni yang emang perlu dikulik. Jadi kami lebih menghargai itu," ujarnya.

"Dangdut itu sebuah karya seni yang udah dari zaman dulu. Jadi mau enggak mau kami terinspirasi juga sama dangdut, walaupun kami bukan penggemar dangdut. Makanya, kami lihat dangdut lebih luas lagi setelah kami punya karya yang bernuansa dangdut," kata Angga lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com