Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara Mahasiswa IPB Cetak Prestasi di Irlandia Utara

Kompas.com - 01/11/2016, 11:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Paduan suara mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Agria Swara, baru-baru ini mencetak prestasi di Kota Derry, Irlandia Utara.

Mereka memenangi The 4th City of Derry International Choral Festival untuk kategori tunggal mix choir yang digelar pada 19 - 23 Oktober 2016 lalu.

Memperoleh piala bergilir Oak Tree, Agria Swara berhasil menggeser Chamber Choir of Mannheim University of Music (Jerman), Mornington Singers (Irlandia), Erkel Ferenc Mixed Choir (Hongaria, Wellensian Consort (Inggris), dan Poznan University of Technology Choir "Volantes Soni" (Polandia).

Dalam kompetisi tersebut, Agria Swara menyanyikan lagu "Bungong Jeumpa" (Aceh) dan "Irish Lullaby" (Irlandia Utara), dan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Tak hanya itu, Agria Swara juga membawakan tiga dari 23 lagu yang disediakan oleh panitia festival, yakni Unser Keiner Lebet Sich Selber (lagu klasik abad pertengahan 17) karya Heinrich Schutz, Readymade Alice (lagu kontemporer) karya Peettu Haapanen, dan Gloria Patri (lagu religius) karya Budi Susanto Yohanes.

"Detik-detik pengumuman sangat heroik dan penuh tangis gembira. Lambaian merah putih ikut mengiringi penyerahan trofi dari Panitia kepada Pelatih Agria Swara, Arvin Zeinullah," kata Pembina Agria Swara, Agus Lelana, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2016).

Pelatih Agria Swara, Arvin Zeinullah, menambahkan bahwa kompetisi internasional paduan suara di Irlandia Utara ini memiliki sistem seleksi yang ketat, persyaratan yang rumit, serta dewan juri yang direkrut dari penjuru dunia.

Arvin menjelaskan, aspek penilaian juga "super ketat". Paduan suara betul-betul harus harmonis, suara dan intonasi harus diekspresikan setiap penyanyi sesuai dengan karakter lagu, konduktor harus mampu memilih lagu, dan lainnya.

"Pentingnya membangun suasana batin, kedisiplinan dan kekeluargaan. Ini penting karena pesertanya adalah mahasiswa yang setiap tahun berganti, berbeda dengan kelompok paduan suara lainnya yang talenta anggotanya bisa terus ditingkatkan," ucap Arvin.

Untuk itu, Agria Swara melakukan latihan dari pukul 18.30 hingga 21.30 WIB setiap hari. Kemudian, mereka juga berlatik intensif di Carrowmena Activity Center, Irlandia Utara.

Prestasi internasional ini bukan yang pertama bagi Agria Swara.

Mereka pernah meraih Golden Diploma and Mixed Choir competition and Male Choir competitions dalam Remini International Choir Competition di Italia tahun 2009.

Selain itu mereka mendapatkan 3rd prize pada Montreux Choral Festival di Swiss pada 2014, dan memperoleh 3rd prize pada International Choir Contest of Flanders-Maasmechelen, Belgium, 2015.

Sebelumnya, Agria Swara juga meraih Golden Diplome sekaligus juara terbaik dalam kategori mixed Choir di Budapest, Hungaria pada tahun 2007, serta P.E.A.C.E Trophy di The 60th Cork International Choral Festival pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com