Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Beri Steven Seagal Kewarganegaraan Rusia

Kompas.com - 04/11/2016, 18:54 WIB


KOMPAS.com - Aktor Amerika Serikat, Steven Seagal, telah diberikan kewarganegaraan Rusia, demikian diumumkan Kremlin.

Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit untuk memberikan penghargaan kepada jago bela diri yang membintangi film laga Hollywood di era 1990-an.

Seagal berteman dengan Putin yang dinyatakannya sebagai "salah satu pemimpin terbesar dunia".

Juru bicara Putin mengatakan, Seagal dikenal akrab dengan Rusia dan statusnya sebagai aktor terkenal menjadi alasannya sebagai warganegara.

Seagal muncul di berita utama dunia ketika dia menggambarkan aksi Rusia di Krimea, yang dianeksasi pada tahun 2014, sebagai "sangat masuk akal".

Sebagai aktor yang gemar memainkan gitar, Seagal mengadakan konser di sana pada tahun yang sama.

Di tahun 2013, Putin dilaporkan mengusulkan agar Seagal dijadikan konsul kehormatan Rusia di California dan Arizona.

Buzzfeed mengabarkan bahwa langkah ini akan membuat Seagal berkemungkinan menjadi perantara Gedung Putih dengan Kremlin. Namun, Amerika telah menyatakan penolakan.

Seagal yang neneknya berasal dari Vladivostok, Rusia timur jauh, seringkali mengunjungi Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Dia mendatangi Kamchatka dan Sakhalin pada September.

Sementara kantor berita Rusia, Tass melaporkan, saat kunjungan itu, Seagal mengaku ingin menetap selama beberapa bulan dalam setahun di negara itu.

Seagal mengikuti langkah selebriti lain, termasuk aktor Perancis Gerard Depardieu, pebela diri Amerika Jeff Monson, petinju AS Roy Jones dan atlet snowboard AS Vic Wild yang menerima kewarganegaraan Rusia.

Permulaan tahun ini Seagal diberikan kewarganegaraan Serbia setelah menawarkan pendirian sekolah bela diri di ibu kota Beograd.

Bintang laga ini diantaranya bermain di film Under Siege dan Flight of Fury disamping juga muncul di acara TV realita, Steven Seagal: Lawman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com