Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilaporkan Comot Foto Produk "Brand" Inggris, Ini Kata Ayu Ting Ting

Kompas.com - 16/12/2016, 16:43 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Ayu Ting Ting menolak menanggapi soal akun Instagram lini busananya, @a2t.official, yang kabarnya diretas menyusul dugaan penggunaan foto milik pihak lain tanpa izin.

Sebagai informasi, akun @a2t.official dilaporkan seorang netizen kepada pihak lini busana asal Inggris, ASOS, dengan menyertakan foto produk ASOS yang ditempeli logo A2T.

"Aku enggak tahu. Itu urusan manajemen saya di kantor," ucap Ayu usai tampil dalam acara ulang tahun salah satu stasiun televisi swasta di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (15/12/2016).

Pelantun "Alamat Palsu" ini bahkan enggan ditanya lebih lanjut perihal dugaan pemakaian foto secara ilegal itu.

"Udah enggak usah ditanya-tanya," kata Ayu lagi.

Kabar tersebut bermula dari beredarnya sebuah foto yang membandingkan gambar produk baju kaos dalam akun @a2t.official dengan gambar dalam katalog asos.com.

Dari dua foto tersebut sama-sama memperlihatkan seorang model berambut pirang mengenakan atasan abu-abu dan celama hitam lengkap dengan ikat pinggang.

Posenya pun sama, sang model menengadah ke atas sambil tangan kirinya dimasukkan ke dalam kantong celana.

Satu hal yang membedakan, pada gambar di katalog asos.com atasannya tampak polos.

Sedangkan, dalam akun @a2t.official, ada logo A2T pada bagian dada kanan baju kaos yang dikenakan sang model.

Lalu pada Rabu (14/12/2016), seorang pemilik akun Twitter mengadukan hal itu kepada akun @ASOS_HeretoHelp. Pihak ASOS mengatakan akan mengambil tindakan.

"Eeek! Thanks for letting us knoww! We'll pas this on to the relevant team. That's ok Fanny, our relevant team will pick all this up! Thanks for making us aware a letting us know," tulis pihak ASOS.

Menanggapi kabar dugaan tersebut, akun @a2t.official lalu membuat klarifikasi resmi. Manajemen lini busana tersebut menjelaskan bahwa pada tanggal 9 Desember sore, akun mereka tidak bisa diakses.

Kejadian itu berlangsung hanya sebentar dan akun tersebut kembali normal.

"Setelah itu kami terus melanjutkan kegiatan kami seperti biasa. Kami tidak menyangka kejadian tersebut ternyata merupakan bagian dari pembajakan akun kami. Tanpa kami sadari terdapat "postingan" tersebut didalam akun kami," begitu keterangan akun lini busana Ayu.

Mereka kemudian menelusuri pihak yang sudah meretas akun tersebut.  Pihak A2T menganggap kejadian itu sebagai pelajaran.

"Semoga ke depan nya @a2t.official bisa lebih baik lagi dan bisa di terima oleh seluruh kalangan masyarakat di indonesia. Salam A2T."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com