Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Penghargaan, Meryl Streep Pidato Anti-Trump di Golden Globe

Kompas.com - 09/01/2017, 12:50 WIB

KOMPAS.com - Tepuk tangan membahana ketika aktris kawakan Meryl Streep naik ke panggung untuk menerima Cecil B DeMille Award pada Golden Globe Awards 2017 di Beverly Hills, California, Minggu (8/1/2017) malam.

Dia menggunakan panggung Golden Globe untuk mengecam presiden terpilih AS Donald Trump, bahkan tanpa menyebut namanya.

Saat memberi sambutan, Streep berbicara tentang tindakan Trump yang menirukan cacat tubuh reporter New York Times, Serge Kovaleski, saat berkampanye pada 2015.

"Saya sedih sekali ketika melihatnya. Sampai sekarang pun saya belum bisa memahaminya karena yang itu tidak terjadi dalam sebuah film. Itu terjadi dalam dunia nyata," kata aktris yang sudah 30 kali mendapat nominasi Golden Globe itu.

Menurut Streep, insting untuk mempermalukan orang, jika dilakukan seseorang yang memiliki jabatan publik, bisa dijadikan contoh bagi orang untuk melakukan hal yang sama.

"Sikap tidak hormat mengundang sikap yang tidak hormat juga. Kekerasan mengundang kekerasan. Ketika orang menggunakan kekuasaan untuk menekan orang lain, maka kalahlah kita semua," ujar Streep yang tahun ini juga mendapat nominasi Golden Globe untuk aktris terbaik.

Ia kemudian mengajak media untuk mengambil sikap yang tegas terhadap Trump, yang akan dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari mendatang.

"Kita memerlukan pers yang bisa mengawasi kekuasaan," lanjut Streep.

Trofi Cecil B DeMille merupakan penghargaan atas sumbangsih seorang artis peran versi Golden Globe.

Untuk Streep, penghargaan itu diserahkan oleh aktris Viola Davis, lawan mainnya dalam film Doubt.

"Anda membuat saya bangga menjadi seorang seniman. Anda membuat saya merasa bahwa yang saya miliki, tubuh, wajah, dan usia saya, cukup," kata Davis.

Para insan film lain yang pernah menerima Cecil B DeMille Award antara lain Denzel Washington, George Clooney, Woody Allen, Jodie Foster, Morgan Freeman, Robert De Niro, dan sutradara Martin Scorsese, Steven Spielberg, dan Warren Beatty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com