Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sayang Uang ala Hamish Daud

Kompas.com - 31/01/2017, 16:38 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Hamish Daud (36) berbagi kiat agar bisa hemat alias sayang uang. Rutin mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan disebut Hamish cukup membantunya.

"Saya selalu catat (uang) yang keluar dan masuk. Karcis parkir misalnya, sampai yang kecil-kecil dicatat," katanya usai kampanye #sayanguangnya di Portico Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

Kebiasaan itu berguna untuk memantau dan menjaga pengeluaran Hamish agar ia tak lewat batas. Apalagi, jadwal kerja yang lumayan padat kerap membuat dia lupa akan jumlah dan untuk apa uang yang dikeluarkannya.

"Karena sibuk banget, saya suka lupa, jadi saya harus catat semua. Jadi tiap bulan saya selalu lihat (pemasukan dan pengeluaran), 'Wow, begini ya'," ujar Hamish.

Intinya, lanjut pemain film Gangster ini, yang paling penting adalah selalu sadar dalam menggunakan uang.

"Hati-hati dengan uang, beli yang kita butuhkan aja karena impulsive buyer itu bahaya. Pokoknya sadar aja yang masuk dan keluar. Konsumerisme pasti akan selalu jalan, tapi kalau kita pinter atur, itu akan sangat bantu," katanya.

Satu hal lagi yang menurut Hamish bisa membantu orang untuk lebih menghargai uang adalah jangan malu berusaha dari nol.

"Untuk next generation, banyak anak muda yang malu cari kerja yang sederhana. Waktu SMP dan SMA, saya kerja di dapur bersih-bersih piring, lap-lap gitu. Itu banyak yang malu dan gengsi untuk kotor, istilahnya bahasa Inggris-nya itu honest job," kata Hamish.

"Padahal dari situ kita bisa belajar hemat dan sayang dengan uang, bisa mengerti dengan uang juga lifestyle. Banyak yang baru kerja, tapi udah pengin punya barang mewah. Harus mulai dari nol, jadi menghargai proses," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com