Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chick Corea Bayar Penantian Penggemar lewat Java Jazz Festival 2017

Kompas.com - 05/03/2017, 13:27 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- "Trance Dance", dalam permainan jemari pianis jazz Chick Corea (75) mengawali aksinya bersama rekan-rekannya dalam formasi Chick Corea Elektric Band di panggung Hall D2 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017) malam.

Setelah dinanti oleh para penggenar sejak Java Jazz Festival pertama, yang digelar pada 2005, pemusik legendaris dunia itu akhirnya tahun ini naik ke pentas pesta jazz internasional tahunan di Jakarta tersebut.

Oleh karena itu, penampilan Chick Corea Elektric Band menjadi salah satu pertunjukan yang paling dinanti oleh para penikmat musik Tanah Air.

Puluhan penonton yang hadir bahkan rela duduk di lantai atau berdiri karena kursi sudah penuh.

Lagu-lagu "CTA" dan "Jocelyn-The Commander" menjadi suguhan selanjutnya dari peraih 15 trofi Grammy Awards itu.

Mimik wajah para penonton yang tadinya memperlihatkan rasa "geregetan" karena pertunjukan Chick Corea Elektric Band tertunda satu jam, pun berubah puas oleh sajian band tersebut.

Dalam formasi Chick Corea Elektric Band kali ini, permainan piano Corea berpadu dengan permainan drum Dave Weckl, saksofon Eric Marienthal, gitar elektrik Frank Gambale, dan bas Nathan East.

East--yang telah mendukung rekaman lagu tema banyak film Hollywood, antara lain Tarzan, Thelma & Louise, dan Footloose--kali ini menggantikan John Patitucci.

"Beneath the Mask" dan "Silver Temple" merupakan lagu-lagu mereka berikutnya.

Para penonton tak pernah absen menghadiahi tepuk tangan disertai seruan rasa puas tiap kali Chick Corea Elektric Band menyelesaikan permainan mereka.

Pada pengujung aksi mereka, Corea dan kawan-kawan memukau para penonton dengan "Got a Match?".

Sejumlah penonton yang tadinya duduk santai akhirnya berdiri sambil bertepuk tangan mengikuti lagu yang up beat itu.

Chick Corea Elektric Band dibentuk pada 1986 dengan debut musik bernuansa jazz-rock. Sejak itu mereka sudah menelurkan enam album hingga 1993.

Sempat berhenti berkarya selama kira-kira 11 tahun, Chick Corea Elektric Band kembali bermusik pada 2004 dan merilis album To the Stars.

Chick Corea Elektric Band dijadwalkan akan tampil pada hari ketiga atau terakhir Java Jazz Festival 2017 dari pukul 19.30 hingga pukul 20.45 WIB di Hall D1 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com