Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christine Hakim: Kirimlah Anak Muda Sekolah Film ke Luar Negeri

Kompas.com - 30/03/2017, 10:00 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meningkatkan kualitas dan kuantitas film Indonesia tak bisa dilakukan hanya dengan menambah jumlah gedung bioskop.

Menurut artis peran senior Christine Hakim (60), hal yang paling penting adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya.

"Gimana caranya meningkatkan kemampuan SDM, itu sebabnya. Sebetulnya, anggaran (untuk perfilman) itu kan ada," ucap Christine saat dijumpai seusai acara Creative Economy and Cultural Industries in a Digital World di Hotel Harris Vertu, Harmoni, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

"Kirimlah anak muda untuk sekolah ke luar (negeri). Jadi, jangan ke luar negeri misalnya belajar ekonomi atau politik," ucapnya lagi.

Apalagi, bagi Christine, film bisa menjadi wadah untuk mendapatkan berbagai wawasan.

"Karena film itu adalah media yang sarat dengan berbagai ilmu pengetahuan dan media yang sangat efektif untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat," terang pemeran Ngasirah dalam film Kartini (2017) ini.

Baca juga: Christine Hakim: Apresiasi Masyarakat terhadap Film Meningkat

Ia menambahkan bahwa Indonesia pun harus berkaca dari India, yang setiap tahun bisa memproduksi kira-kira 1.000 judul film. Sementara itu, nyatanya, Indonesia hanya memproduksi 100 judul saja per tahun.

"Kondisi sekarang udah lebih dari 100 judul film, perlu disyukuri. Dan, banyak film berkualitas yang diproduksi bukan oleh major production house, tapi production house kecil," katanya.

Untuk kemudian hari, Christine berharap Pemerintah bisa kembali menggencarkan komunitas-komunitas film di berbagai daerah Tanah Air, tidak di Pulau Jawa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com