Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nova Eliza Berbicara tentang Kesetaraan Jender

Kompas.com - 17/05/2017, 12:36 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nova Eliza menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panel bertema kesetaraan jender yang di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Diskusi panel itu merupakan rangkaian dari acara laporan tahunan kerja sama pembangunan Uni Eropa-Indonesia atau Blue Book 2017.

"Aku jadi salah satu narasumber yang berbicara soal kesetaraan jender dan bagaimana kita ingin menuntaskan kekerasan terhadap perempuan," ujar Nova.

Sejak 2015 lalu Nova didapuk untuk mewakili perempuan di Indonesia untuk menyuarakan bentuk-bentuk penindasan baik dari sisi fisik ataupun verbal.

Apalagi Nova merupakan pendiri Yayasan Suara Hati Perempuan yang konsen bergerak terhadap hal tersebut.

Alasan Nova giat menyuarakan itu karena masih banyak ketidakadilan terhadap perempuan di Indonesia.

Mereka, kata Nova, sejauh ini merasa malu untuk bersuara. Tugas itulah yang disasar oleh Nova dkk untuk membantu mereka.

"Aku sebagai perantara yang menyuarakan isi hati mereka, makanya berdirilah Suara Hati Perempuan Foundation," kata dia.

Nova menjelaskan bahwa yayasannya melakukan tindakan secara menyeluruh di berbagai wilayah Indonesia.

Dalam diskusi itu, Nova banyak mengemukakan berbagai permasalahan yang dihadapi perempuan di Indonesia.

"Kayak tadi ada dari Swedia terlibat memberikan opini, ide, untuk memerangi angka kekerasan yang ada di Indonesia. Kalau kita bicara kekerasan kan bukan hanya isu Indonesia saja atau Aceh saja, tapi menyeluruh," kata Nova.

"Ini kan problem yang harus diselesaikan di dunia. Makanya mungkin karena mereka melihat aku terus berbicara soal stop kekerasan pada perempuan, makanya aku diajak jadi salah satu narasumber di sini," ujar dia.

Adapun diskusi panel itu dihadiri perwakilan pemerintah, sektor swasta, masyarakat madani, dan para duta besar negara anggota Uni Eropa. Acara itu dibuka oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com