Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mouly Surya Pertama Kali Tonton Filmnya Sendiri di Cannes 2017

Kompas.com - 12/06/2017, 20:52 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradaria film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Mouly Surya mengaku baru pertama kali menonton filmnya sendiri di layar lebar Festival Film Cannes 2017.

Bisa membawa film ini sebagai satu-satunya film panjang dari Asia Tenggara yang terseleksi di festival tahunan tersebut membuat Mouly kesulitan mengungkapkan perasaannya.

"Sangat exciting. Saya pernah sih ke Cannes beberapa kali. Tapi ini pertama kalinya saya ke Cannes untuk men-screening-kan film saya sendiri. Agak susah diomongin sih karena pas awal dateng... agak susah sih," ujar Mouly saat dijumpai di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (12/6/2017).

"Karena sebagai filmmaker kan yang saya pikirin film saya sendiri. Dan jujur itu pertama kalinya saya nonton film saya sendiri di bioskop layar lebar istilahnya," sambungnya.

Saat menonton karyanya sendiri, Mouly mengaku ingin berkomentar ini dan itu.

"Di Cannes pertama kali nonton langsung. Aduh kenapa sih gini ha-ha-ha. Ada rasa apa ya... mungkin takabur ngomong gini tapi saya rasa seneng sih ada di Cannes," ucap Mouly.

"Dan pastinya mudah-mudahan bisa membuka jalan yang lebih luas lagi dan filmya bisa ditonton lebih banyak orang lagi," imbuhnya.

Mouly menambahkan bahwa apa yang dialaminya di Cannes bukanlah perasaan seperti ia baru saja memenangi sebuah kompetisi internasional. Namun, ada sebuah proses dalam dirinya yang ia curahkan ke film tersebut.

"Gimana ya, mungkin susah sih kalau disamain sama orang yang habis menangi piala, barangkali perasannya beda," kata Mouly.

"Kalau film kan karya seni, pastinya selalu ada kontemplasi ke dalam diri sendiri. Ini lebih ke kontemplasi diri saya. Saya cuma ingin membuat supaya itu bisa mengakselerasi distribusi perfilman," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com