Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara Perempuan dari Jakarta Jadi Juara Pertama di Polandia

Kompas.com - 14/06/2017, 16:15 WIB
Sintia Astarina

Penulis

KRAKOW, KOMPAS.com -- Paduan suara perempuan dari Jakarta bernama Shantell Vocal Ensemble menjadi juara pertama dalam 8th International Krakow Choir Festival Cracovia Cantants di Karakow, Polandia.

Kompetisi internasional itu diadakan pada 8-11 Juni 2017. Shantell Vocal Ensemble menjadi juara pertama pada dua kategori.

Di bawah bimbingan penasihat artistik Avip Priatna dan dipimpin oleh konduktor Luciana Oendoen, mereka menjadi juara pertama pada kategori Female Choir.

Selanjutnya, dipimpin konduktor Paulus H Yoedianto, mereka menjadi juara pertama pada kategori Folk and Popular Music Category.

Untuk diketahui, grup paduan suara yang sudah dibentuk pada Agustus 2004 ini juga mengedepankan budaya tradisional Indonesia.

Sebagai contoh, Shantell Vocal Ensemble mengenakan pakaian tradisional yang terinspirasi dari busana khas Dayak.

Dalam kompetisi internasional tersebut, mereka juga membawakan lagu-lagu daerah, seperti "Nina Noi" dari Nusa Tenggara Timur dan "Cik Cik Periuk, yang diaransemen oleh Lilik Sugiarto, dari Kalimantan Barat.

Lagu-lagu itu didendangkan oleh paduan suara tersebut sambil melakukan gerak-gerak koreografis yang dibuat oleh Sonja Simanjuntak.

Sementara itu, mereka juga membawakan "Alleluia!" karya Kirby Shaw; "Salve Regina" ciptaan Javier Busto; "Las Amarillas" karya Stephen Hadfield; "Nothin' Gonna Stumble My Feet" ciptaan Greg Gilphin; "Yesterday" karya John Lennon dan Paul Mc Cartney, yang diaransemen oleh Robert Latham; serta "Venga Nel Nostro Coro" ciptaan Antonio Salieri, yang diaransemen oleh Jill Gallina.

Lagu-lagu yang mereka nyanyikan tersebut dipilih sesuai aturan dan kriteria yang telah ditentukan oleh penyelenggara kompetisi itu.

Hal menarik lainnya dari kemenangan Shantell Vocal Ensemble itu adalah mereka merupakan satu-satunya negara dari Asia yang ikut kompetisi tersebut.

Bahkan, mereka merupakan paduan suara pertama dari Indonesia yang mengikuti kompetisi itu.

Sebagai informasi, Shantell Vocal Ensemble merupakan paduan suara yang para anggotanya memiliki latar belakang usia dan profesi yang berbeda-beda.

"Jumlah keseluruhan anggota 40-an orang, tapi yang pergi ke kompetisi ini 25 orang. Profesinya itu ibu rumah tangga, karyawan swasta, notaris, PNS, kepala sekolah, guru, pelukis, wiraswasta, dan dosen," ujar Fransiska, salah satu anggota paduan suara tersebut ketika dihubungi oleh Kompas.com via pesan singkat pasa Rabu (14/6/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com