Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ernest Prakasa: Banyak Komika Jadi Sutradara, Memicu Sentimen

Para komika yang sudah merintis karier tersebut diantaranya Raditya Dika, Ernest Prakasa, Soleh Solihun, dan Pandji Pragiwaksono.

Ernest mengaku senang dengan adanya fenomena tersebut. Artinya, semakin banyak komika yang menjajal profesi sebagai sutradara dan penulis skenario, akan semakin meramaikan perfilman nasional.

"Ini menunjukkan bahwa stand up comedy bisa menjadi pintu gerbang menuju profesi lain yang lebih serius di industri entertainment," kata Ernest kepada Kompas.com di Monopoli Hotel, Kemang Raya, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Meski begitu, Ernest menyadari bahwa keterlibatan para komika sebagai sutradara akhirnya memicu sentimen dari mereka yang menempuh pendidikan perfilman secara formal.

"Gue rasa ada. Wajar ya. Enggak secara langsung, kalaupun ada orang-orang yang beranggapan 'Apa sih kok tiba-tiba menjadi sutradara?' Ya itu 100 persen gue memahami," kata dia.

"Karena guee terbayang kami (komika) berada di industri perfilman, dan tidak merintis dari awal banget. Kan memang sutradara jalurnya macam-macam, ada yang merintis dari kru, sampe jadi astrada, S1, ada step yang panjang," kata dia.

Kebetulan Ernest, Radit, Pandji, dan Soleh tidak melewati tahapan secara formal. Sutradara film Ngenest (2015) itupun memaklumi sentimen yang terjadi.

Mmeski demikian, Ernest mengaku mempertaruhkan namanya untuk terjun ke profesi tersebut. Ia mengaku tidak main-main dan harus membuat karya yang berkualitas sebagai pembuktian.

"Karya yang bagus itu berbicara untuk diri sendiri. Gue enggak perlu cuap-cuap mempertahankan diri bisa kok dari stand up comedy, tanpa gue cuap orang bisa lihat karya gue seperti apa kok," tutupnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/03/03/142642610/ernest-prakasa-banyak-komika-jadi-sutradara-memicu-sentimen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke