Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Marsha Aruan dan Rafael SM*SH Punya Cara Melestarikan Budaya Menari

"Kita jangan lupakan asal kita dari mana. Kita kan ada di Indonesia. Apalagi indonesia kaya akan budaya maka tinggal dilestarikan saja," kata Marsha usai menjadi ikon dan instruktur Indonesia Menari 2018 di Solo, Minggu ( 11/11/2018).

Menurut Marsha, saat ini saatnya bagi pemuda mengenal budayanya sendiri. Sebab pemuda bisa mengenalkan budayanya ke seluruh dunia.

Sementara itu Rafael berpendapat diperlukan banyak kegiatan yang melibatkan anak muda untuk melestarikan budaya menari. Dengan demikian kecintaan akan tari tradisional tertanam sejak dini.

"Makin banyaknya event menari akan menjadikan anak-anak muda kreatif. Dengan demikian banyak anak-anak muda terjun ke dunia menari," demikian Rafael.

Rafael menambahkan media sosial juga bisa digunakan untuk melestarikan budaya, termasuk makanan tradisional.

"Saat ini anak muda banyak menggunakan media sosial untuk meng-upload kegiatan sehari-hari. Kalau upload di medsos maka bisa ditambahin seperti mem-posting makanan khas tradisional dari asalnya," ungkap Rafael.

Ia mencontohkan saat berada di luar Jakarta, ia selalu menanyakan makanan khas daerah yang dikunjunginya. Setelah mendapatkan, ia mencoba makanan khas daerah itu lalu mengunggahnya ke media sosial.

Bagi Rafael, langkah itu banyak membantu orang-orang mengenal daerah asal makanan khas itu dibuat.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/11/11/212517610/marsha-aruan-dan-rafael-smsh-punya-cara-melestarikan-budaya-menari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke