JEO - Entertainment

5 YouTuber Indonesia Berpenghasilan Tertinggi

Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:18 WIB

Ada alat yang dapat menghitung perkiraan pendapatan para YouTuber termasuk ketika menjadi influencer. Seperti apa cara hitungnya? Siapa pula 5 YouTuber Indonesia yang menurut alat ini memiliki penghasilan tertinggi dari aktivitasnya di YouTube?

DAMPAK YouTube terhadap budaya pop sekarang ini tak dapat diabaikan lagi. Jumlah penonton yang bejibun, bisa jadi tolok ukur. 

Sosok yang tampil dan atau membuat tampilan video ini pun tak dimungkiri dapat memberi pengaruh tersendiri bagi para penikmat tayangannya.

Mereka ini bisa disebut YouTuber, vlogger, kreator konten, atau apa saja yang kemudian melekat bahkan melampaui namanya.

Sebagai bagian dari generasi media baru (new media), YouTube juga memberikan iming-iming penghasilan menggiurkan bagi siapa pun yang jeli memanfaatkan ruang peluang.

Peluang penghasilan bisa berlipat ganda lagi bila sesuatu atau seseorang telah dianggap bisa mempengaruhi banyak orang untuk melirik gaya hidup, merek, atau produk tertentu. Orang seperti inilah yang kini dikenal sebagai influencer.

Jangan salah, perkiraan pendapatan dari konten-konten yang bertaburan di media sosial seperti YouTube bisa bikin mata mengerjap. Nilainya bisa ratusan juta rupiah bahkan miliaran rupiah per tahun, dengan modal aktivitas di depan kamera bahkan dari kamera ponsel. 

YouTuber menjadi primadona dan didambakan para pengiklan karena kemampuan mereka mendulang puluhan juta subscriber setiap harinya.

Ketika YouTuber semakin memiliki nilai, banyak yang akhirnya menemukan sumber penghasilan baru di luar pendapatan iklan dalam video mereka.

YouTuber menjadi primadona dan didambakan para pengiklan karena kemampuan mereka mendulang puluhan juta subscriber setiap harinya. Harapannya, produk pengiklan pun ikut tertonton, sokur-sokur bisa ikut terbeli atau terpakai.

Sudah begitu, sebagian YouTuber yang sudah beken pun lalu membuka bisnis sendiri, sementara yang lain memanfaatkan kepopuleran mereka di media sosial untuk menjadi selebritas dan tampil di televisi.

Sebaliknya, para artis yang selama ini wara-wiri di layar kaca pun kini tak sedikit yang berbondong-bondong ikut mencicipi layar YouTube. Kehadiran mereka membuat YouTuber semakin menjamur dan jadi "profesi" yang bertambah populer.

Kompas.com merangkum lima selebritas YouTuber Indonesia yang memiliki penghasilan paling tinggi saat ini menurut situs penghitung perkiraan pendapatan akun YouTube, Nox Influencer, per 7 Oktober 2019.

Cara hitung pendapatan

Metode penghitungan yang digunakan Nox Influencer adalah mengalikan rata-rata estimasi cost per mile (CPM) terendah dan CPM tertinggi suatu akun dengan jumlah viewer yang didapatkan YouTuber per hari.

CPM merupakan perhitungan pendapatan dari per seribu kali impresi tayangan digital, termasuk di kanal YouTube. Setiap wilayah dan platform media sosial dapat memilki nilai CPM yang berbeda.

Nox Influencer memunculkan dua perkiraan pendapatan para YouTuber. Perkiraan pertama benar-benar hanya menaksir pendapatan per bulan berdasarkan rentang estimasi CPM. Dari sejumlah selebritas, rentang nilai CPM untuk konten mereka adalah 0,8 dollar AS hingga 2,8 dollar AS

Adapun perhitungan kedua adalah untuk taksiran pendapatan ketika pemilik akun telah dianggap menjadi influencer. Hitungan yang dimunculkan adalah untuk per video. Rentang nilai CPM dalam perhitungan ini bagi para selebritas adalah 5 dollar AS sampai 14 dollar AS.

Dalam keterangannya, Nox Influencer menegaskan bahwa angka-angka yang muncul di situsnya sebatas referensi dan bisa jadi berbeda dengan kenyataan. Ada banyak faktor yang menentukan angka pasti pendapatan dari pemilik akun YouTube. 

Meski hanya perkiraan, tetap saja angka-angka tersebut cukup menggiurkan. Jadi, siapa saja lima selebritas YouTube dengan estimasi pendapatan yang bikin kantong menggelembung tebal ini? Seperti apa juga perjalanan mereka di YouTube?

Mau tahu? Siapa tahu terinspirasi lho....

 RANS ENTERTAINMENT

PASANGAN selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina alias Raffi dan Gigi sudah dikenal publik jauh sebelum mereka menginjakkan kaki di dunia YouTube. Namun, penampilan mereka di YouTube ternyata juga mendapat sambutan dan mendatangkan penghasilan.

Sekitar setahun membina rumah tangga pada 17 Oktober 2014, Raffi dan Gigi membuat saluran YouTube pada 27 Desember 2015. Rans Entertainment, begitu mereka menamai "rumah baru" mereka.

Pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
INSTAGRAM/RAFFI AHMAD DAN NAGITA SLAVINA
Pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

"Rans" merupakan akronim dari gabungan masing-masing huruf depan nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Empat tahun melanglang buana di jagat YouTube, Raffi dan Nagita tercatat memiliki 10,3 juta subscriber per 7 Oktober 2019. Hingga tanggal itu, Rans Entertainment telah mengunggah 805 video dengan total views tercatat 1.531.577.479.

Tema yang mereka tampilkan beragam dan terbagi menjadi beberapa segmen. Ada Inspirasi, Ranscooking, Video Clip, Ransveling, dan beberapa vlog sehari-hari mereka yang diselingi aksi jahil alias prank.

Terkadang, Raffi dan Gigi juga melakukan kolaborasi dengan artis atau YouTuber lain. Tak jarang pula, mereka menghadirkan sejumlah figur terkenal untuk menjadi bintang tamu Rans Entertainment.

Sebelum terjun menjadi YouTuber, Raffi dan Nagita lebih dulu menghiasi layar kaca Tanah Air. Raffi yang lahir pada 17 Februari 1987, mulai dikenal setelah membintangi sinetron remaja berjudul Senandung Masa Puber pada awal 2000.

Tak berbeda jauh dari Raffi, Gigi juga memulai kariernya di dunia akting dan iklan. Gigi kerap tampil dalam beberapa judul sinetron dan FTV. Inem Si Pelayan Slebor adalah sinetron pertamanya saat berusia 13 tahun.

Pendapatan YouTube Raffi-Nagita

Pendapatan dari YouTube pasangan yang sudah dikaruniai seorang putra ini terbilang fantastis. Situs web Nox Influencer mencatat, kanal YouTube Rans Entertainment diperkirakan menghasilkan Rp 2,14 miliar per bulan.

Apabila dikalikan 12 bulan dengan nilai CPM Rp 11.000-Rp 38.510, diperkirakan pendapatan akun YouTube milik Raffi dan Nagita dalam setahun mencapai Rp 25,6 miliar.

Bila pasangan ini menjadi influencer, satu video yang diunggah Rans Entertainment dengan estimasi jumlah view 1,21 juta diperkirakan menghasilkan pendapatan Rp 157,65 juta. Angka itu dengan nilai CPM berkisar dari Rp 68.770 hingga Rp 192.540.

Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Rans Entertainment milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
Situs Web Nox Influencer
Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Rans Entertainment milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

 >> Baca lagi soal CPM dan perhitungan pendapatan YouTube

ATTA HALILINTAR

POPULARITAS anak sulung dari 11 bersaudara ini semakin naik di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Pada usianya yang baru menginjak 24 tahun, Atta Halilintar telah menjadi YouTuber asal Indonesia dengan subscriber terbanyak.

Sejak bergabung dengan YouTube pada 26 Januari 2014, Atta tercatat memiliki 19,3 juta subscriber. Pria kelahiran 20 November 1994 ini bahkan meyakini bahwa dia bisa menggaet lebih banyak subscriber lagi hingga menembus 20 juta.

Atta Halilintar saat ditemui dalam acara jumpa pers YouTube Fanfest Live Show di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).
KOMPAS.com/IRA GITA
Atta Halilintar saat ditemui dalam acara jumpa pers YouTube Fanfest Live Show di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Tentu saja angka itu tidak didapatkan Atta dengan mudah. Seperti pantauan Kompas.com di kanal YouTube Atta Halilintar, Senin (7/10/2019), Atta telah mengunggah 613 video.

Konten-konten yang disajikan Atta dalam ratusan video itu pun beragam, dari konten Atta Grebek Rumah sampai lagu dan musik.

Di Atta Grebek Rumah, dia mendatangi kediaman para artis untuk melihat-lihat apa saja yang ada di dalamnya. 

Atta juga banyak menggaet para pesohor Tanah Air dalam konten YouTube tersebut. Sebut saja di antaranya ada Aurel Hermansyah, Luna Maya, Laudya Cynthia Bella, Sule, Brisia Jodie, Hotman Paris, dan Lucinta Luna.

Atta Halilintar saat ini adalah pemilik akun YouTube dengan subscriber terbanyak di Indonesia, sekaligus YouTuber yang konsisten mengunggah konten per pekan.

Pria bernama lengkap Muhammad Attamimi Halilintar ini adalah putra pertama dari pengusaha Halilintar Anofial Asmif dan Lenggogeni Faruk. Dia memiliki 10 adik yang masing-masing juga memiliki kanal YouTube.

Atta kerap pula membuat video prank dan cerita keseharian bersama keluarga besarnya. Dia juga kerap mengunggah video musiknya sendiri, seperti lagu "God Bless You" dan "Sang Jenderal".

Tak jarang, Atta menggandeng YouTuber ternama untuk berkolaborasi. Salah satunya, Ria Ricis. Video kolaborasi mereka mendapatkan atensi dari 6 juta penonton. 

Selain ragam konten, Atta juga merupakan salah satu YouTuber yang konsisten setiap pekan mengunggah video. Karena itu, tak heran bila video-video Atta ditonton sebanyak 1.736.070.561 kali, per 7 Oktober 2019.

Sebelum menjadi Youtuber kondang, Atta adalah pedagang. Sejak kecil, jiwa bisnis sudah tertanam dalam diri Atta, tak terlepas dari kedua orangtuanya yang adalah pengusaha. Aktivitas ini juga yang kemudian mengantarkan dia menjadi YouTuber. 

Awal mulanya, Atta memanfaatkan media sosial sebagai media promosi ekonomis dari barang-barang yang dia jual. Namun, kreativitas Atta semakin berkembang dan malah bisa menghasilkan uang dari video-videonya.

Pendapatan YouTube Atta

Meski memiliki subsciber terbanyak, akun YouTube milik Atta bukan penghasil pendapatan terbanyak. Setidaknya, itu merujuk perhitungan Nox Influencer. 

Situs tersebut menyebut, estimasi pendapatan akun YouTube Atta mencapai Rp 1,81 miliar per bulan, memakai nilai CPM yang sama dengan angka untuk akun YouTube Raffi dan Nagita.

Nox Influencer menghitung, pendapatan akun YouTube Atta per tahun mencapai Rp 21,7 miliar.

Jika Atta adalah influencer, pendapatan setiap video unggahannya diperkirakan mencapai Rp 204,2 juta dengan estimasi jumlah penayangan sebanyak 1,56 juta.

Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Atta Halilintar.
Situs Web Nox Influencer
Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Atta Halilinta

>> Bandingkan dengan Rans Entertainment

 >> Baca lagi soal CPM dan perhitungan pendapatan YouTube

ARIF MUHAMMAD

KENAL atau pernah nonton video Mak Beti? Bila iya, berarti kamu seharusnya sudah tak asing dengan Arif Muhammad.

Karena, pria asal Sumatera Utara itu adalah sosok di balik karakter Mak Beti.

Ia hadir sebagai emak-emak yang minta ampun comelnya. Sosok cerewet bin galak tetapi lucu itu harus diakui telah mencuri perhatian publik di semesta YouTube.

Arif dengan apik memainkan karakter itu dalam format double scene, meramu permasalahan sehari-hari dalam "omelan-omelan" Mak Beti.

Arif Muhammad alias Mak Beti.
Instagram/Arif Muhammad
Arif Muhammad alias Mak Beti.

Sebelum menjadi YouTuber, Arif pernah merantau menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Abu Dhabi. Di negara itu dia menjadi petugas house keeping di salah satu hotel. 

Dia memulai langkah kaki di dunia YouTube dengan polah menggelitik sebagai Mak Beti itu pada 18 Januari 2017.

Daster yang dipakai Mak Beti adalah milik ibunda Arif.

Total sudah ada 116 video yang mengisi kanal YouTube Arif alias Mak Beti dan telah ditonton sebanyak 985.193.954 kali. Saat ini, Arif memiliki 7,01 juta subscriber.

Meski demikian, sosok Mak Beti lahir lebih awal lagi, tepatnya pada 2015. Karakter ini pertama kali dia munculkan melalui video di Instagram. 

Begitu follower Mak Beti tembus angka 5.000, Arif memutuskan pulang ke Indonesia dan videonya melebarkan sayap ke YouTube. Itu pun, ibundanya sempat menentang karena Arif memerankan karakter perempuan. 

Restu ibunda bisa didapat juga belakangan. Bahkan, daster sang ibu juga yang lalu dia pakai setiap kali melakonkan Mak Beti. 

Pendapatan akun YouTube Arif

Kini, pundi-pundi Arif patut disangka menjadi berkali-kali lipat jumlahnya dibanding besaran gajinya dulu di negeri orang.

Berdasarkan data Nox Influencer, akun YouTube milik Arif Muhammad diperkirakan mendulang Rp 1,56 miliar per bulan.

Meskipun secara peringkat jumlah subscriber tak menempati 10 besar—hanya bertenggger di posisi ke-16—, pendapatan Arif ternyata tak jauh berbeda dari Atta Halilintar.

Dalam setahun, total pendapatan yang diraup akun Arif diperkirakan mencapai Rp 18,7 miliar. 

Bahkan, satu video yang diunggah Arif setia kali dia menjadi influencer menurut Nox menghasilkan Rp 1,24 miliar dengan estimasi 9,46 juta views.

Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Arif Muhammad alias Mak Beti.
Situs Web Nox Influencer
Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Arif Muhammad alias Mak Beti

>> Bandingkan dengan Rans Entertainment

>> Bandingkan dengan Atta Halilintar

 >> Baca lagi soal CPM dan perhitungan pendapatan YouTube

RIA RICIS

AKUN YouTube milik Ria Ricis disebut-sebut meraup miliaran rupiah. Awalnya dia punya dua akun, yaitu Ricis Official dan Rumah Ricis. 

Ricis Official saja memiliki 17,1 juta subscribers. Video-video di kedua kanal itu, ditonton hingga 2.065.045.615 kali per 7 Oktober 2019.

Ria Ricis berpose usai diwawancara di Metropolitan Mall Cileungai, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).
Tri Susanto Setiawan
Ria Ricis berpose usai diwawancara di Metropolitan Mall Cileungai, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).

Ricis kali pertama bergabung dengan YouTube pada 15 Januari 2016. Saat artikel ini ditulis, sudah ada 719 video dia unggah sejak saat itu. 

Video Ricis juga punya beberapa segmen, termasuk vlog dan challenge. Meski squishy menjadi andalan Ricis dalam memproduksi konten video, dia juga tak jarang melakukan prank atau mendatangi rumah figur publik untuk diulas.

Awalnya, Ricis mulai muncul di Instagram. Adik aktris Oki Setiana Dewi ini dulu kerap membuat video-video komedi berkonsep gabungan potongan adegan monolog.

Selain dikenal karena kreativitasnya mengolah video berkonten komedi, Ricis juga tak jarang bertingkah atau berekspresi kocak. Itu semua sukses melambungkan namanya hingga dia dikenal sebagai YouTuber dengan subscriber terbanyak kedua di Indonesia. 

Pendapatan akun Ricis

Tetap menggunakan data situs noxinfluencer.com, akun milik Ria Ricis diperkirakan menghasilkan pendapatan Rp 1,51 miliar per bulan. Dari sini saja, setahun diperkirakan pendapatannya mencapai Rp 18,1 miliar.

Sebagai influencer, dengan estimasi jumlah penayangan 898.090 per video dan nilai CPM berkisar dari Rp 68.770 hingga Rp 192.540, akun Ria Ricis diperkirakan meraup Rp 117,3 juta untuk satu video. 

Itu semua belum termasuk pendapatan dari kanal lain di YouTube yang diberi nama Ricis TV. Akun ini juga sudah punya jutaan subscriber. Belum lagi dihitung pendapatan dari kanal Rumah Ricis. 

Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Ria Ricis.
Situs Web Nox Influencer
Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Ria Ricis.

>> Bandingkan dengan Rans Entertainment

>> Bandingkan dengan Atta Halilintar

>> Bandingkan dengan Arif Muhammad

  >> Baca lagi soal CPM dan perhitungan pendapatan YouTube

RADITYA DIKA

SELAIN dikenal sebagai komedian, penulis, dan aktor, Raditya Dika juga disebut sebagai salah satu YouTuber terkenal Indonesia.

Radit rupanya telah terjun ke dunia YouTube sejak 12 tahun lalu, bahkan saat popularitas YouTube belum seperti saat ini.

Raditya Dika ditemui saat Mini Group Interview bersama Raditya Dika di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2018).
Kompas.com/Ira Gita
Raditya Dika ditemui saat Mini Group Interview bersama Raditya Dika di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2018).

Di awal kemunculan, Raditya kerap mengunggah video-video stand up comedy-nya yang kemudian menjadi viral.

Radit memang sering menjabarkan pengalamannya dalam sebuah cerita komedi, baik dalam tulisan maupun video saat dia stand up comedy.

Radit juga memiliki serial mingguan yang dia perankan sendiri berjudul Malam Minggu Miko.

Serial komedi ini pun pernah ditayangkan oleh KompasTV, setelah ramai dibicarakan masyarakat.

Sejak bergabung ke YouTube pada 28 juni 2007, hingga saat ini Radit tercatat telah memiliki 7,87 juta subscriber.

Sudah bergabung ke YouTube sejak 12 tahun lalu, Radit membuat konten dari rentang topik komedi sampai pengalaman mistik.

Sedikitnya ada 1.010 video yang menampilkan tingkah konyol Radit, yang sering mengundang gelak tawa. Video-video itu menarik perhatian hingga menggaet 1.108.708.884 penonton.

Radit juga pernah menggandeng sejumlah artis untuk berkolaborasi mengisi konten-konten dalam kanal YouTube-nya. Di antara mereka ada Ariel "NOAH", Dimas Beck, Vidi Aldiano, Yura Yunita, dan Gading Marten. 

Kini setelah menikah dan memiliki seorang anak, Radit sering membuat konten video yang menceritakan kehidupan barunya sebagai suami dan ayah.

Tidak hanya itu, bintang film Hangout ini juga membuat konten video berjudul Paranormal Experience. Konten itu menyuguhkan pengalaman-pengalaman mistis rekan-rekannya.

Beberapa waktu lalu Radit juga sempat membagikan cerita horor dari sosok mahluk yang tinggal di kediamannya.

Satu lagi yang menarik dari konten YouTube Radit, yaitu video cover lagu bahasa Inggris yang Radit terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam konten itu, Radit menyanyikan beberapa lagu hit seperti "A Whole New World" yang menjadi soundtrack film Aladdin dan "1 Love You 3.000" milik Stephanie Poetri, anak penyanyi Titi DJ.

Penghasilan akun Radit

Situs Nox Influencer mencatat, estimasi pendapatan akun Raditya Dika di YouTube per bulan adalah Rp 1,29 miliar.

Walaupun kanal YouTube Radit menduduki peringkat ke-12 di Indonesia bila dilihat dari jumlah subscriber, penghasilannya tetap saja tak kalah fantastis.

Dari satu video yang ia unggah bila menjadi influencer, akun penulis buku berjudul Kambing Jantan tersebut diperkirakan dapat meraup hingga Rp 95,5 juta. Ini didapat dari rata-rata view di kisaran 731.400.

Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Raditya Dika.
Situs Web Nox Influencer
Tangkapan layar situs web Nox Influencer untuk profil kanal YouTube Raditya Dika.

 

>> Bandingkan dengan Rans Entertainment

>> Bandingkan dengan Atta Halilintar

>> Bandingkan dengan Arif Muhammad

>> Bandingkan dengan Ria Ricis

   >> Baca lagi soal CPM dan perhitungan pendapatan YouTube

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.