KPH Purbodiningrat dan GRAy Dewi Panggih di Bangsal Kencana - Kompas.com

KPH Purbodiningrat dan GRAy Dewi Panggih di Bangsal Kencana

Kompas.com - 09/05/2008, 09:14 WIB

YOGYAKARTA, JUMAT -  Calon suami GRAy Nurkamnari Dewi, KPH Purbodiningrat, menjalani ijab kabul di Masjid Panepen, Jumat (9/5) sekitar pukul 06.35. Ia dinikahkan langsung oleh Sultan Hamengku Buwono X.

Calon pengatin pria mengenakan surjan (pakaian jawa) putih duduk di hadapan Sultan menghadap barat. Pagi itu Sultan mengenakan surjan dengan dasar putih bermotif ceplok.

Dalam prosesi itu, Purbodiningrat menyerahkan mas kawin berupa Al Quran dan terjemahannya, seperangkat alat shalat, dan cincin. Setelah ijab kabul, ia menandatangani berkas administrasi di hadapan pejabat KUA Keraton. Purbo kemudian dibawa ke kompleks Kesatriyan, sedangkn Sultan didampingi kedua adiknya, GBPH Joyokusumo dan GBPH Prabukusumo, meninggalkan Masjid Panepen menuju Keraton Kilen.

Ijab kabul untuk pengantin putri dilakukan Kamis (8/5) malam pukul 19.00 dalam acara tantingan di Bangsal Prabayeksan. Kedua pengantin akan dipertemukan dalam acara panggih di Bangsal Kencana.

Para tamu sudah berdatangan sejak pagi, di antaranya Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta, Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Sekretasi Kabinet Sudi Silalahi, pengusaha Moeryati Soedibyo, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, dan para raja se-Nusantara. Para tamu VVIP itu masuk melalui Keben di depan Keraton Kilen, sementara tamu lainnya melalui Pagelaran di Alun-alun Utara.

Dekorasi pernikahan itu didominasi warna putih hijau yang diwakili beberapa jenis bunga. Bunga yang paling menonjol antara lain anggrek bulan, sedap malam, dan melati. Untuk keperluan ini, keraton juga mengimpor bunga dari Belanda, seperti mawar dan lily casablanca.(SONORA YOGYA/ROSALIA SETIAWATI)


Editor

Close Ads X