Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katon dan Nugie Donasikan Lagu Lingkungan

Kompas.com - 06/11/2008, 21:29 WIB

JAKARTA, KAMIS - Musisi dan penyanyi kakak-beradik, Katon Bagaskara dan Nugie berkolaborasi menciptakan sebuah lagu bertema lingkungan yang hanya bisa dinikmati nada sambung pribadi (NSP). Seluruh hasil penjualannya didonasikan untuk konservasi alam melalui WWF Indonesia.

Nugie dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (6/11), mengatakan lagu tersebut adalah kontribusi nyata yang dilakukan keduanya sebagai musisi. Ia melihat teknologi dapat berdampak positif terhadap lingkungan apabila digunakan dengan tepat.

"Kalau mau berkontribusi untuk konservasi tidak harus ke hutan atau tempat terpencil kan? Kita mulai saja dari hal yang paling mudah kita lakukan, saya membuat lagu yang didistribusikan nada sambung pribadi dan bisa diunduh siapa saja, dengan demikian orang juga semakin mudah untuk ikut terlibat dalam konservasi," kata Nugie yang bergabung dengan WWF sejak 1997.

Katon menambahkan lagu tersebut berjudul "Jika Bumi Bisa Bicara" dan liriknya dikerjakan oleh Nugie. Katon bertugas membuat aransemen musiknya dan kini lagu tersebut dalam proses rekaman.

"Ini adalah tantangan, bagaimana dalam 30 detik lagu ini bisa membuat orang yang mendengarnya tergerak untuk ikut melestarikan bumi yang sudah semakin parah kerusakannya," ujar Katon.

Katon mengatakan tantangan lain membuat lagu dalam bentuk nada sambung pribadi adalah membuat lirik yang lugas dan mudah dicerna oleh pendengar, sekaligus memiliki makna yang dalam.

"Sekarang ini pasar musik Indonesia lebih menyukai lirik lagu yang mudah diingat, karena saya tidak bisa maka saya pasrahkan pada Nugie untuk membuat lirik lagu yang mudah dicerna dan misinya tersampaikan," katanya.

Lirik lagu itu menurut Katon secara garis besar bercerita tentang sebuah perenungan bahwa hidup ini hakekatnya adalah saling memberi dan menerima antara manusia dan bumi.

"Bumi dan alam ini selalu memberi kepada manusia, lalu apa yang sudah diberikan manusia untuk bumi? Selama ini yang sering terjadi adalah perusakan yang dilakukan manusia. Alam telah memberikan kesejahteraan yang luar biasa pada kita, inilah saatnya kita perlu mengembalikan segala kearifan itu pada alam," demikian Katon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com