Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yockie Suryoprayogo: Masyarakat Indonesia Romantis

Kompas.com - 07/01/2009, 03:04 WIB

JAKARTA, RABU--"Masyarakat Indonesia itu romantis. Karena itu, kebanyakan lagu yang disukai cenderung mellow," kata musisi legendaris Yockie Suryoprayogo, dalam acara peluncuran album Evolusi berisi lagu-lagu karya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Jakarta, Selasa..

Mantan kibordis God Bless dan Kantata Takwa itu mengemukakan pendapatnya tersebut untuk menanggapi pertanyaan wartawan tentang lagu-lagu karya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang diaransirnya dalam musik instrumentalia.

Lagu-lagu karya SBY dalam album itu sendiri sudah pernah dibawakan oleh sejumlah penyanyi dan band termasuk Ebiet G. Ade, Kerispatih, dan Dharma Oratmangun.

"Jadi, kalau musiknya saya buat seperti yang sudah ada, ya tidak ada bedanya, buat apa?," katanya setengah bertanya.

Menurut Yockie, masyarakat Indonesia memiliki sifat romantis karena budayanya memang demikian.

"Nenek moyang kita mengajarkan sopan santun. Karena itu kita tidak memiliki sifat reaktif terhadap sesuatu. Oleh karena itu pula, sejak jaman Koes Plus, Panbers, Mercy`s hingga Rinto Harahap sampai generasi sekarang, umumnya lagu yang disukai lagu romantis, bahkan cenderung mellow," katanya.

Meskipun dikemas dalam bentuk instrumentalia, ada enam dari 10 lagu dalam album Evolusi, termasuk Rinduku Padamu dan Hening, memasukkan unsur vokal soprano Aning Katamsi.

Menurut Aning, yang hadir dalam acara, fungsi vokalnya tidak berbeda dari fungsi instrumen musik lain yang digunakan untuk album tersebut.

Selain Aning, Yockie juga melibatkan sejumlah musisi kawakan untuk membantunya menggarap lagu-lagu karya SBY dalam album Evolusi. Beberapa di antaranya gitaris Kiboud Maulana, Totok Tewel, Eddy Kemput, Wawan (trumpet), Oni Krinerwinto (saksofon), dan Idris Sardi (biola).

Peluncuran album berisi lagu-lagu karya SBY juga menimbulkan pertanyaan seputar masalah politik, sehubungan waktunya yang cukup berdekatan dengan masa Pilpres 2009.

Menanggapi pertanyaan wartawan, Yockie mengatakan, "Tidak ada suatu itikad tanpa tujuan. Saya sadari. semua ada kepentingannya. Kepentingan Pilpres? Boleh jadi. Kalau musik ini diapresiasi masyarakat, ya itu terjadi apa adanya."

Yockie juga memuji lirik lagu-lagu karya SBY bagus.

"Iwan Fals juga bilang sama saya, `Yock, lagu-lagu ini bagus`. Tapi, sebuah lagu baru bisa dikatakan bagus kalau ada sinkronisasi lirik dan notasi musik yang menghasilkan harmoni." katanya.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com