Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Bebas Perempuan

Kompas.com - 18/01/2009, 01:35 WIB

Film Perempuan Berkalung Sorban adalah film karya terbaru sutradara Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari novel karangan Abidah El Khalieqy. Skenario adaptasi film produksi Kharisma Starvision Plus ini digarap oleh Ginatri S Noer dan Hanung sendiri.

Film ini berkisah tentang Anissa, anak Kiai Hanan, pemilik pondok pesantren tradisional Al-Huda. Tumbuh di lingkungan pesantren, Anissa kecil (diperankan Nasya Abigail, setelah dewasa diperankan Revalina S Temat) dihadapkan pada tabu-tabu berdasarkan agama yang secara turun menurun diterapkan di pesantren.

Anissa dilarang naik kuda hanya karena dia perempuan. Anissa juga tak boleh punya pendapat sendiri, dan bahkan tak boleh menjadi ketua kelas meski menang pemilihan yang demokratis. Setiap kali ia mengungkapkan pendapat, Anissa justru dihajar ayahnya sendiri.

Dalam kondisi seperti itu, ia menemukan oasis dalam diri Khudori (Aditya Arif/Oka Antara), paman yang pandai dan selalu memahami keinginannya. Namun, cinta Anissa harus tertunda dan akhirnya kandas saat Khudori kuliah di Kairo, Mesir, dan ia dipaksa menikah dengan Samsudin (Reza Rahadian), anak kiai sahabat ayahnya.

Samsudin ternyata berperangai buruk, gemar menyiksa istri dan mengawini wanita lain. Anissa tak bisa berbuat banyak karena ayahnya berutang banyak kepada ayah Samsudin. Ia juga harus menjaga nama baik pesantren ayahnya yang selalu mengajarkan bahwa perempuan akan dilaknat Tuhan hanya karena menolak atau menunda-nunda melayani suami.

Anissa pun menggugat, tetapi hanya untuk mendapat hardikan dari guru agamanya. Maka, Anissa pun mempertanyakan kenapa Tuhan lebih membela laki-laki dibandingkan dengan perempuan. (ind/dhf)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com