Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Java Jazz Sajikan 200 Pertunjukan

Kompas.com - 05/03/2009, 21:26 WIB

JAKARTA, KAMIS — Java Jazz Festival yang akan berlangsung di Balai Sidang Jakarta, 6-9 Maret mendatang, akan menghadirkan lebih dari 200 pertunjukan dengan total musisi yang berpartisipasi lebih dari 2.000 orang, baik musisi Indonesia maupun mancanegara.

"Setiap hari akan berlangsung 70 pertunjukan di 19 panggung yang ada di Java Jazz Festival 2009. Jadi totalnya ada lebih dari 200 pertunjukan selama tiga hari," ujar Koordinator Program Java Jazz Festival 2009, Eki Puradireja, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Eki merinci total dalam tiga hari pertunjukan akan tampil 1.600 musisi dari Indonesia dan 900 musisi dari mancanegara. Selain akan tampil dalam pertunjukan, sejumlah musisi dan penyanyi juga akan terlibat dalam berbagai program seperti workshop musik dan program penghijauan lewat "Gerakan Menanam Pohon".

"Selain partisipasi para musisi dalam berbagai kegiatan di Java Jazz, tahun ini juga ada sedikit perbedaan dibanding tahun lalu dalam target penonton," ujar Eki.

Ia menjelaskan, Java Jazz Festival tahun ini berupaya menjaring sebanyak-banyaknya penonton dari kalangan anak muda atau remaja terutama yang berusia di bawah 17 tahun.

"Tahun lalu sponsor utamanya adalah perusahaan rokok sehingga anak-anak usia di bawah 17 tahun tidak bisa masuk, namun untuk tahun ini beda. Mereka bisa menonton dan memang target kami demikian, yakni bisa merangkul generasi muda agar mengenal dan menyukai musik jazz juga. Sebab bagaimanapun juga mereka adalah generasi penerus kita, supaya jazz juga bisa regenerasi," ujar Eki.

Sementara itu, sejumlah musisi dan penyanyi yang akan tampil dalam Java Jazz Festival 2009 mulai berdatangan sejak Rabu pagi. Beberapa artis pendukung bahkan tampak hadir dalam konferensi pers. Mereka adalah musisi dari Amerika serikat, India, Jepang, Inggris, Uni Emirat Arab, dan Belanda.

Menurut Eki, tahun ini pihak penyelenggara berupaya untuk semakin memanjakan penontonnya dengan memadatkan dan menata jadwal manggung para musisi dan penyanyi tersebut.

"Jadwal manggung akan dipadatkan dan di satu panggung tidak terlalu banyak pertunjukan sehingga lebih rapi. Ini supaya penonton lebih nyaman selama acara berlangsung," katanya.

Java Jazz 2009 menghadirkan sederet artis jazz, di antaranya Jason Mraz, Matt Bianco, Swing Out Sister, New York Voices, Mike Stern, Dave Weckl, Peabo Bryson, dan Brian McKnight.

Sementara dari dalam negeri akan tampil Benny Likumahuwa, Oele Pattiselanno, Margie Segers, Bob Tutupoly, Noor Bersaudara, Chaseiro, Dewa Budjana, Glen Fredly, Tohpati, Aksan Sjuman, Tompi, Ecoutez, Dira, Dimi, dan Nial Djuliarso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com