Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Berperan Penting dalam Peningkatan Bahasa Indonesia

Kompas.com - 11/05/2009, 19:51 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com--Guru memiliki peran penting dalam peningkatan mutu berbahasa Indonesia di sekolah, karena siswa di luar lebih tertarik menggunakan bahasa gaul.

"Peran guru sangat dibutuhkan dalam membimbing siswa menggunakan bahasa Indonesia.  Tetapi bahasa gaul pun tidak bisa dilarang, asalkan tidak masuk dalam ranah kegiatan resmi," kata Ketua Bidang Pembinaan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Mustakim, di Bandarlampung, Senin.

Menyinggung seberapa besar pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia, ia mengatakan, belum ada penelitian tentang hal itu.

Namun, bahasa gaul tidak bisa dilarang, karena itu tumbuh dan berkembang di masyarakat yang akan menjadi alat komunikasi efektif.

"Tetapi, itu akan luruh ketika para remaja khususnya pelajar dan mahasiswa masuk ke ranah pekerjaan, dan akan meninggalkannya. Jadi bahasa gaul tidak perlu dirisaukan," kata dia.

Mustakim menjelaskan, para pelajar dan mahasiswa ketika berbicara pada forum resmi, maka mereka pun meninggalkan bahasa gaul.

Terkait penggunaan bahasa asing dalam acara televisi, ia menegaskan, tidak ada pelarangan asalkan sesuai dengan kebutuhan dan penempatannnya.

"Kalau sasarannya jelas seperti untuk orang asing," kata dia, sebelum menjadi pembicara pada temu koordinasi lintas instansi dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Sementara itu, Asisten Bidang Umum Pemprov Lampung, Heru Karwadji mengatakan, pihaknya akan terus menggalakkan penggunaan bahasa Indonesia secara benar.

"Boleh menggunakan istilah asing, tetapi harus pada tempatnya. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan membudayakan penggunaan bahasa Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com