Fadly dan Rizal Berdebat soal Kuda Prabowo

Kompas.com - 02/06/2009, 14:55 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Juru bicara tim sukses SBY-Boediono, Rizal Mallarangeng, dan Sekretaris Umum Tim Kampanye Nasional Mega-Prabowo akhirnya bisa berdebat satu forum soal serangan atas kekayaan cawapres Prabowo Subianto yang dilayangkan Rizal. Keduanya pun terlibat perdebatan seru pada debat publik antartim sukses di Jakarta, Selasa (2/6).

Pada forum tersebut, Rizal kembali menyinggung mengenai kuda Prabowo yang disinyalir bernilai miliaran rupiah. "Punya kuda puluhan, hobi main polo yang hobi kalangan bangsawan. Tiba-tiba kok ngomong ekonomi kerakyatan? Apa bisa dipercaya? Saya bukan menyerang pribadinya," kata Rizal.

Mendapat serangan langsung, Fadly Zon pun mengkonternya. "Polo kalau di Eropa memang diminati oleh bangsawan. Pak Prabowo bikin polo, atlet-atletnya itu anak petani. Boleh dicek. Berkuda itu olahraga yang menyehatkan. Soal kuda Pak Prabowo, 84 ekor itu nilainya Rp 5 miliar. Makanya, kalau bicara pakai data," tangkis Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Sementara itu, pengamat komunikasi politik, Effendi Gazali, mengkritisi soal saling serang mengenai harta kekayaan tersebut. Ia mengatakan, gaya yang digunakan Rizal persis gaya Presiden AS Barack Obama saat menyerang pesaingnya, John McCain, saat pilpres AS tahun lalu.

"Saat itu, Obama juga mengatakan, bagaimana Mccain bisa bicara soal kredit untuk rakyat, sedangkan dia punya tujuh rumah. Karena punya banyak rumah itu, McCain dikatakan tidak tahu bagaimana susahnya mendapatkan kredit. Tapi, serangan atas kekayaan itu ada konteks dengan isu yang diusung. Nah, kalau serangan ke Prabowo itu mungkin harus dicari sangkutan dengan isunya," papar Effendi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.