Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadly dan Rizal Berdebat soal Kuda Prabowo

Kompas.com - 02/06/2009, 14:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Juru bicara tim sukses SBY-Boediono, Rizal Mallarangeng, dan Sekretaris Umum Tim Kampanye Nasional Mega-Prabowo akhirnya bisa berdebat satu forum soal serangan atas kekayaan cawapres Prabowo Subianto yang dilayangkan Rizal. Keduanya pun terlibat perdebatan seru pada debat publik antartim sukses di Jakarta, Selasa (2/6).

Pada forum tersebut, Rizal kembali menyinggung mengenai kuda Prabowo yang disinyalir bernilai miliaran rupiah. "Punya kuda puluhan, hobi main polo yang hobi kalangan bangsawan. Tiba-tiba kok ngomong ekonomi kerakyatan? Apa bisa dipercaya? Saya bukan menyerang pribadinya," kata Rizal.

Mendapat serangan langsung, Fadly Zon pun mengkonternya. "Polo kalau di Eropa memang diminati oleh bangsawan. Pak Prabowo bikin polo, atlet-atletnya itu anak petani. Boleh dicek. Berkuda itu olahraga yang menyehatkan. Soal kuda Pak Prabowo, 84 ekor itu nilainya Rp 5 miliar. Makanya, kalau bicara pakai data," tangkis Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Sementara itu, pengamat komunikasi politik, Effendi Gazali, mengkritisi soal saling serang mengenai harta kekayaan tersebut. Ia mengatakan, gaya yang digunakan Rizal persis gaya Presiden AS Barack Obama saat menyerang pesaingnya, John McCain, saat pilpres AS tahun lalu.

"Saat itu, Obama juga mengatakan, bagaimana Mccain bisa bicara soal kredit untuk rakyat, sedangkan dia punya tujuh rumah. Karena punya banyak rumah itu, McCain dikatakan tidak tahu bagaimana susahnya mendapatkan kredit. Tapi, serangan atas kekayaan itu ada konteks dengan isu yang diusung. Nah, kalau serangan ke Prabowo itu mungkin harus dicari sangkutan dengan isunya," papar Effendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com