Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wax Buatan Sendiri

Kompas.com - 18/06/2009, 11:57 WIB

KOMPAS.com — Waxing merupakan salah satu cara mencabut rambut yang tak diinginkan pada tubuh. Metode ini banyak digunakan oleh para wanita India sejak ratusan tahun lalu. Mereka lebih suka mencabut rambut pada tubuh ketimbang mencukur karena efeknya lebih lama (4-6 minggu). Selain itu, jika sering melakukan wax, lama kelamaan akar rambut pada bagian tubuh tersebut pun akan melemah dan tak memproduksi rambut lagi.

Saat ini Anda sudah bisa menemukan wax yang instan dan bisa dipersiapkan langsung sendiri. Di India, wax dipersiapkan sendiri di rumah karena tak banyak dijual di sana. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang dibagikan oleh Monisha Bharadwaj lewat bukunya, Indian Beauty Secrets: Pamper Your Body and Soul. Berikut adalah bahan yang Anda perlukan untuk wax kedua belah kaki.

Bahan;
- 4 sdm gula pasir
- 2 sdm perasan lemon
- Siapkan beberapa potong kain yang sudah dipotong-potong berukuran sedang.

Sebisa mungkin gunakan stik kayu, seperti stik es krim saat akan mengaplikasikan campuran tadi pada kulit. Pisau roti yang biasa digunakan di salon-salon justru menyimpan panas, dan akan sangat menyakitkan saat berkenaan dengan kulit.

Untuk mulai mengoleskan ramuan wax, aplikasikan campuran tadi di bagian kecil kaki, tutup dengan kain berukuran sedang, tekan-tekan, lalu tarik cepat. Lakukan hingga semua rambut pada bagian kaki tercabut rapi. Siapkan ember untuk membasuh sisa gula pada kaki.

Jumlah perasan lemon tergantung faktor cuaca, kelembaban gula, dan tingkat panas, jadi siapkan perasan jeruk agak banyak. Campurkan bahan-bahan tadi, panaskan dengan api sangat kecil, aduk-aduk. Ketika campuran mulai berwarna kecoklatan dan sudah tercampur rata, angkat, namun tetap aduk hingga agak mengental. Anda mungkin akan perlu sesekali memanaskannya kembali untuk mengencerkannya lagi. Jika campuran menjadi sangat kental, tambahkan perasan jeruk untuk mengencerkan campuran.

Meski prosesnya akan terkesan merepotkan pada awalnya, tetapi jika dibandingkan dengan banyaknya uang yang harus Anda keluarkan saat berkunjung ke salon, teknik ini jauh lebih murah. Semakin sering berlatih, akan semakin mudah dan membuat Anda makin mahir. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com