Angie Politisi Tercantik Nomor 19 Dunia

Kompas.com - 07/07/2009, 10:14 WIB
Editor

MADRID, KOMPAS.com — Kecantikan perempuan Indonesia mendapat pengakuan dunia. Terbukti dengan masuknya nama Angelina Sondakh sebagai salah satu perempuan politisi tercantik dunia.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini menduduki peringkat 19, berdasarkan hasil polling (jajak pendapat) online yang diadakan situs online harian Spanyol, 20 Minutos.

Polling online itu dimulai pada Desember 2008. Situs 20 Minutos memajang foto-foto perempuan politisi dari seluruh dunia. Pembaca kemudian memilih yang mereka anggap tercantik. Masing-masing menyertakan alasan dan komentar pilihannya. Dari situ, terjaring 65 kandidat dengan suara terbanyak.
Data terakhir, bertanggal 19 April, menunjukkan bahwa perempuan bernama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh itu menduduki peringkat 19. Istri Ajie Massaid itu memperoleh 40.576 suara.

Dalam daftar itu, Angie, yang Putri Indonesia 2001, itu bersaing dengan Mara Carfagna, anggota DPR Italia, yang pernah menjadi model topless. Carfagna, yang akan berperan sebagai ibu negara mendampingi PM Italia Silvio Berlusconi pada pertemuan G-8 di L’Aquila pekan ini, duduk di posisi 3.

Nama terkenal lain adalah Alina Kabaeva yang duduk manis di posisi ke-5. Dia mantan atlet senam Rusia dan pernah digosipkan menjadi perempuan simpanan Vladimir Putin. Perempuan 25 tahun kini menjadi salah satu anggota parlemen Rusia.

Yang mengejutkan, pembaca harian 20 Minutos ternyata memilih Yuri Fujikawa, seorang anggota parlemen daerah di Jepang, sebagai politisi dunia tercantik. Perempuan 28 tahun itu berhasil mendapatkan 146.364 suara.

Di Jepang, Fujikawa memang sangat kondang. Dia dianggap ‘terlalu cantik untuk menjadi politisi’. Masuk parlemen sejak April 2007, Fujikawa sempat menggegerkan warga Kota Hachinohe karena merilis album foto dalam bentuk DVD. Di situ dia berfoto dalam balutan bikini seksi.

Sementara itu, peringkat kedua diduduki anggota DPR Peru Luciana Leon. Mewakili Partai Aprista Peru, Leon duduk di parlemen pada 2006-2011. Bersama Romulo Leon, ayahnya, perempuan cantik ini diduga terlibat kasus suap terkait eksplorasi minyak di hutan Amazon oleh beberapa perusahaan minyak asing.

Seorang pemilihnya memuji perempuan 30 tahun itu sebagai ‘kecantikan bidadari’. Sementara yang lain menganggapnya sebagai ‘keajaiban ke delapan dunia’. Polling ini tak hanya mengajukan politisi-politisi muda dengan latar belakang model. Namun, juga para politisi kawakan dan terkenal dunia seperti Hillary Clinton. Menteri luar negeri dan mantan ibu negara AS ini duduk di peringkat ke-48 dengan perolehan suara 23.123. Dia juga merupakan kandidat tertua di usianya yang 61 tahun.

Selain itu, masuk nama Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner, 56. Mantan ibu negara ini juga politisi kawakan. Dalam daftar 20 Minutos, Kirchner duduk di peringkat 33 dan memperoleh 27.838 suara.

Setingkat di bawahnya juga orang terkenal. Dialah Sarah Palin yang berada di posisi 34 dan dipilih 27.631 suara. Perempuan 44 tahun ini baru meletakkan jabatan sebagai gubernur negara bagian Alaska AS. Namun, Palin melejit saat menjadi calon wakil presiden Partai Republik mendampingi John McCain pada pemilu presiden AS pada 2008.

Selain Angelina Sondakh dan Yuri Fujikawa, Asia juga diwakili oleh Jiang Yu, 44, anggota parlemen China. Dan Malalay Joya, 31, dari Afganistan. 20minutos/mail/kis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.