Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekasih Setia Seorang Buronan

Kompas.com - 02/08/2009, 02:47 WIB

Dalam film Public Enemies, pemeran Billie Frechette, kekasih John Dillinger, adalah Marion Cotillard. Nama aktris asal Perancis ini melambung dua tahun lalu saat ia meraih Oscar sebagai Aktris Utama Terbaik berkat permainannya dalam film La Vie En Rose.

Sutradara Public Enemies, Michael Mann, memilih Cotillard setelah menonton La Vie En Rose, yang bercerita tentang kehidupan penyanyi legendaris Perancis, Edith Piaf. ”Setelah aku nonton La Vie En Rose, aku langsung bertemu Marion. That was it,” ungkap Mann dalam catatan produksi resmi Public Enemies.

Mann menganggap Cotillard layak memerankan tokoh Billie Frechette setelah melakukan riset terhadap riwayat pacar salah satu penjahat paling legendaris di AS itu. Aku mencoba membayangkan kehidupan Billie, seperti apa dia, apa yang dia lakukan dan bagaimana dia bertahan di masa depresi itu. Dia adalah seorang perempuan muda ambisius dari kota kecil yang mencoba mengadu nasib di Chicago. Dia juga seorang keturunan Indian, yang membuatnya menjadi warga negara kelas dua, seorang outsider,” papar sutradara spesialis cerita-cerita kriminal ini.

Billie Frechette berdarah campuran Perancis dan suku Indian Menominee. Untuk menghayati karakter Billie dan berlatih aksen Indian ini, Cotillard menghabiskan waktu dengan pelatih aksen dan mengunjungi sebuah kawasan reservat untuk suku Indian Menominee.

Di tempat tersebut, Cotillard sempat bertemu dengan kerabat Billie yang masih hidup, dan berdiskusi tentang kehidupannya. ”(Pertemuan yang) sangat emosional. Aku jadi sadar, saat kau memiliki hasrat dan cinta seperti yang dialami Billie, kau takkan peduli dengan rasa takut menjadi pacar seorang penjahat,” tutur aktris cantik ini.

Riset

Mann juga meminta Cotillard melakukan riset sendiri dengan menemui para istri dan pacar para penjahat untuk mengetahui perasaan mereka hidup bersama orang yang tak ragu melakukan kekerasan pada orang lain. ”Sutradara ingin aku memahami bagaimana rasanya menjadi istri seorang buronan, dan tak pernah tahu apa yang akan terjadi besok pagi,” kata aktris kelahiran Paris, Perancis, 30 September 1975, ini.

Dalam Public Enemies digambarkan Billie sudah sejak awal mengetahui risiko menjalin hubungan dengan seorang perampok bank. Itu sebabnya, saat pengejaran terhadap Dillinger makin intens, Billie pasrah saat disuruh kembali ke Chicago dan diawasi polisi 24 jam.

Sampai suatu hari, Dillinger nekat menjemputnya dan berhasil melarikan diri setelah mengelabui para polisi. Namun, saat hendak meminta bantuan salah satu teman Dillinger di sebuah restoran, Billie ditangkap dan diinterogasi secara kasar oleh polisi. Ia akhirnya dipenjara karena membantu pelarian Dillinger.

Semua itu diperankan Cotillard dengan baik. Setelah Public Enemies, lulusan Conservatoire National Supérieur d’Art Dramatique di Orleans, Perancis, ini dikabarkan akan tampil dalam film Nine garapan sutradara Rob Marshall. Dalam film yang diadaptasi dari pentas musikal tersebut, Cotillard akan bermain bersama sederetan bintang ternama, seperti Daniel Day-Lewis, Penélope Cruz, Nicole Kidman, Kate Hudson, Judi Dench, dan Sophia Loren. (DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com