Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katon Bagaskara : Minat Baca Anak-anak Menurun

Kompas.com - 13/10/2009, 13:02 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Duta Baca Nasional, Katon Bagaskara (43), memberi tips buat ratusan anak di Gorontalo agar minat membaca para siswa itu meningkat.

Menurut pentolan Kla Project itu, saat ini minat membaca masyarakat khususnya, kalangan anak-anak menurun, karena mereka terlalu dipaksa untuk membaca hal yang tidak disukai.

"Bacalah buku yang anda suka, jangan yang tidak disukai kecuali buku pelajaran sekolah karena itu kewajiban," kata Katon saat mengisi workshop "Ngobrol Pendidikan Bareng", di Gorontalo, Selasa (13/10).

Dengan membaca hal yang disukai, kata pelantun lagu Yogyakarta itu, maka isi bacaan akan mudah dicerna dan dimaknai oleh pembaca itu sendiri.

Tips berikut yang diberikan penyanyi terkenal tersebut adalah memilih jenis bacaan yang menyenangkan, agar timbul pikiran positif dan bisa menghindari stres.

"Jangan sampai membaca buku malah menjadi beban bagi yang membaca dan bisa-bisa membuat stres," katanya.

Katon juga memiliki cara membaca yang berbeda agar tak menimbulkan kebosanan dan lebih praktis, yakni melalui fasilitas internet yang tersedia dalam perangkat telepon selulernya.

Namun, suami dari artis Ira Wibowo itu mengimbau para pembaca agar mengutamakan bacaan yang baik daripada terlena dengan berbagai fasilitas dalam internet seperti Facebook, Yahoo Messanger, serta situs-situs porno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com