Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Hari Antikorupsi Macetkan Lalin Cirebon

Kompas.com - 09/12/2009, 13:01 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Demonstrasi dari pelajar dan mahasiswa mewarnai hari antikorupsi Rabu (9/12) siang ini. Hampir semua jalan-jalan besar di Kota Cirebon penuh sesak dengan para demonstran dan pengguna jalan.

Tercatat setidaknya ada lima elemen mahasiswa yang turun ke jalan hari ini, yakni Himpunan Mahasiswa Islam, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia dan Barisan Ak si Solidaritas Mahasiswa untuk Demokrasi atau Basis.

Meski bergerak secara terpisah namun mereka menyerukan tuntutan yang sama yakni mendesak pemerintah memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya termasuk mengusut tuntas skandal Bank Century.

Dalam aksinya mereka tidak hanya membakar ban, keranda dan poster yang bergambarkan wakil presiden Budhiono, tetapi juga memblokir jalur yakni bypass Cirebon yang menghubungkan Kota dan Kabupaten Cirebon. Akibatnya, lalu l intas sempat macet hingga siang.

Hendra, koordinator aksi dari Basis mengakui pihaknya memang ingin menarik perhatian pemerintah agar seruan mereka didengar. Kami juga ingin mengajak warga ikut serta beraksi, karena korupsi merugikan kita semua, ujarnya.

Hingga siang ini, demonstrasi tersebut masih berlangsung. Para mahasiswa belum mau membubarkan diri dan memilih berdemo di balaikota dan gedung dewan kota Cirebon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com