Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Numberone, Yuke Direstui Ahmad Dhani

Kompas.com - 06/01/2010, 22:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tak mau ketinggalan dengan rekan-rekan satu bandnya, pembetot bas Dewa 19, Yuke Sampurna, akhirnya membentuk band Numberone. Seperti halnya Andra yang mendirikan Andra and The Backbone, Numberone pun terbentuk atas restu Ahmad Dhani sebagai pentolan Dewa 19. 

"Setahun yang lalu saya sempat berpikir tidak akan bikin band karena Andra sudah bikin band. Jadi kalau saya bikin band, jadwalnya (Dewa 19) malah runyam," cerita Yuke saat jumpa pers peluncuran album perdana Numberone, "Ada Something", di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (6/1/2010). 

Yuke boleh saja berpikiran seperti itu, tapi justru Andra (gitar) dan Once (vokal) berpikir lain. Keduanya-lah yang "meracuni" Yuke agar berani berkreasi di luar Dewa 19. ""Ke, kenapa lo enggak bikin band?," ujar Yuke menirukan ucapan kedua rekannya itu. 

Berbekal dukungan itulah mantan suami vokalis Kikan "Cokelat" itu pun maju meminta restu pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani. "Akhirnya dengan support Once dan Andra saya terus ke "Pak Jenggot" Ahmad Dhani untuk konsultasi. Ya sudah, akhirnya Ahmad Dhani justru kasih nama Numberone," jelas Yuke. "Lagi pula, kata Dhani anak-anak Dewa harus kreatif," tambahnya. 

Dari Dhani, Yuke mengaku banyak menimba ilmu, terlebih soal urusan membentuk band baru. "Dhani memang produktif dan saya banyak belajar dari Dhani yang bisa membikin Dewa dan The Rock, juga bisa membawahi beberapa band. Ini suatu kemajuan buat saya," ungkap Yuke. 

Alhasil, langkah masuk dapur rekaman berjalan mulus, setelah Yuke menggaet dua personel lainnya, yaitu Andi DJ (gitar) dan Igo (vokal) yang semakin mengentalkan musik pop-rock Numberone. "Di konsep album Numberone jelas sangat berbeda ketika saya di Dewa dan ketika saya sebelum di Dewa, yaitu The Groove. Kita bermain di pop-rock, jadi tidak ada groove atau blues lagi," jelas Yuke. 

Sebagai komandan Numberone, Yuke mengaku banyak berperan dalam penggarapan single "Ada Something", yang juga dijadikannya tema album perdana grup bentukannya itu. "Dari pembuatan album, awal recording saya terlibat penuh dalam aransemen, sementara pembuatan lagu saya terlibat fifty-fifty dengan personel lainnya," ujar Yuke. 

Ke depan, Yuke dengan Numberone  yakin mampu eksis dan memberi kesegaran baru di belantika musik Indonesia. "Saya yakin teman-teman saya di Numberone bisa menghasilkan sesuatu di dunia pop-rok ini, yang sekarang lagi dikuasai musik Melayu. Masalah sukses atau tidak sukses saya selalu kembalikan ke Yang di Atas," pungkasnya. (C7-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com