Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Tuan Rumah Festival Film Internasional

Kompas.com - 09/01/2010, 02:33 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com--Bali mulai mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan festival film bertaraf internasional yang melibatkan ratusan negara.

"Bali sejak dini mulai mempersiapkan diri agar mampu melaksanakan Festival Film Internasional yang dijadwalkan berlangsung tahun 2012," kata Kasubdis Kesenian dan Film Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Made Santha di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, persiapan tersebut antara lain dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 Juni mendatang, selain kegiatan pokok aktivitas seni tahunan Pulau Dewata juga menyisipkan kegiatan festival film dokumenter daerah Bali.

Kegiatan festival film dokumenter tersebut khusus menampilkan produk film dokumenter produksi terbaru oleh dinas kebudayaan kabupaten/kota se Bali, maupun perusahaan produksi film serta perorangan dan organisasi di daerah ini. Film dokumenter tersebut mengangkat tema budaya dengan masa putar 15-30 menit.

Made Santha menambahkan, berbagai upaya persiapan menyangkut berbagai aspek juga dilakukan, terutama menumbuhkan industri kreatif produksi film di kalangan masyarakat maupun produsen film di Bali.

Dengan demikian diharapkan film garapan produsen lokal Bali bisa diikutsertakan dalam festival film internasional yang akan berlangsung di Pulau Dewata.

Bali sebagai daerah tujuan wisata yang memiliki keunikan seni budaya serta panorama alam yang indah secara tidak langsung sangat mendukung proses pembuatan sebuah film.

Film yang diberi judul "Est Pray Leve" (Makan doa cinta) yang dibintangi film Hollywopd Julia Robert misalnya cukup sukses penggarapannya di Bali November lalu.

Atas inspirasi itu diharapkan mampu menumbuhkan usaha-usaha kreatif dalam bidang perfilman di kalangan pengusaha Bali, sekaligus ikut bersaing di tingkat nasional maupun internasional, harap Made Santha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com