Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Ibu Hamil Boleh Berolahraga?

Kompas.com - 13/01/2010, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Para ahli kebidanan dan kandungan selalu mengatakan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak meninggalkan olahraga. Tentu saja, tidak semua olahraga bisa dilakukan ibu hamil. Anda harus benar-benar memilih olahraga yang aman untuk Anda maupun janin di dalam kandungan.

Aman-tidaknya berolahraga saat sedang hamil, sedikit banyak dipengaruhi oleh usia kehamilan dan kondisi tubuh calon ibu, yang tentunya akan berbeda pada setiap orang.

Dr Phaidon L. Toruan, MM, pakar fitness lifestyle, menjelaskan sebaiknya olahraga dilakukan setelah trimester pertama. Atau setelah usia kehamilan 12 minggu atau tiga bulan. Pada saat itu janin sudah cukup kuat, sehingga aman bagi calon ibu untuk beraktivitas fisik.

Adakah usia kehamilan tertentu yang membuat ibu hamil sama sekali tidak boleh olahraga? Dr Phaidon, yang belum lama menerbitkan buku Fat Loss not Weight Loss, mengatakan, kondisi calon ibulah yang akan sangat mempengaruhi. Ia melanjutkan, bila Anda memiliki fisik yang kuat, olahraga ringan bisa saja dilakukan pada usia kehamilan muda.

"Kadang malah ibu sering tidak menyadari dirinya hamil, padahal masih sering berolahraga. Yang penting terutama adalah kondisi kesehatannya, bukan semata mata usia kehamilan," jelasnya.

Bila Anda memiliki riwayat kandungan yang lemah, setidaknya periksakan diri dulu ke dokter untuk memastikan kondisi fisik Anda maupun kondisi janin di dalam kandungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com