Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Cameron Rajai Golden Globe

Kompas.com - 19/01/2010, 04:05 WIB

California, Senin - Sutradara film fiksi ilmiah Avatar, James Cameron, merajai penghargaan Golden Globes ke-67 yang digelar di Beverly Hills, California, Amerika Serikat, Senin (18/1). Ia dinobatkan sebagai sutradara film terbaik di film Avatar. Film berteknologi 2D dan 3D ini juga memenangi penghargaan film terbaik drama.

Penghargaan aktor film terbaik drama jatuh pada aktor yang sudah lama dinanti-nantikan, Jeff Bridges, yang bermain di film Crazy Heart. Adapun aktris terbaik drama kali ini jatuh kepada si cantik Sandra Bullock yang bermain di film yang terinspirasi kisah nyata, The Blind Side.

Aktris senior Meryl Streep kembali menggaet Golden Globe untuk kesekian kalinya untuk film terbaik komedi Julie & Julia. The Hangover memenangi penghargaan film terbaik komedi/musikal.

Golden Globes juga memberikan penghargaan khusus untuk dedikasi terbaik di dunia hiburan, kali ini bernama Cecil B DeMille Award ini jatuh kepada sutradara Martin Scorsese.

Tiket Oscar

Sosok Cameron memang tidak diragukan lagi karena sebelumnya ia pernah menyabet Golden Globes untuk gelar sutradara terbaik sekaligus film terbaik drama untuk film fenomenal Titanic tahun 1997. Film megah tentang kehancuran kapal ini di ajang Oscar juga meraih gelar serupa.

Penghargaan ini sejalan dengan fenomena Avatar yang merajai box office di bioskop. Avatar mengklaim memperoleh pendapatan hingga 1,6 miliar dollar AS di seluruh dunia dan menobatkan diri sebagai film terlaris kedua setelah Titanic yang mencatatkan skor 1,8 miliar dollar AS.

Avatar adalah karya terbaik di dunia. Yang kami kerjakan adalah membuat hiburan berskala global, itulah inti Golden Globes,” kata Cameron.

Kemenangan di Golden Globes dianggap penting karena seolah menjadi ”tiket” menuju Oscar, Maret nanti. (AP/AFP/AMR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com